Gotong royong bedah rumah kampung bogatama

Keadaan Rumah Yang Sedang di Perbaiki Oleh Warga Dengan Swadaya Masyarakat.(dokumen bogatama - foto|tangin).

bogatama.desa.id – Senin, 16/04/2018. Dalam rangka ikut serta meningkatkan kesejahteraan dan meringankan beban warga, maka warga   Kampung Bogatama, Kecamatan Penawartama , Kabupaten Tulang Bawang, bersama-sama telah melakukan bedah rumah milik Sudarmi yang beralamatkan di RT. 04   Suku 01  Kampung Bogatama. Gotong royong    bedah rumah ini  dilakukan, karena rumah yang ditempati  sudah tidak layak huni.

Kegiatan gotong royong yang dilakukan oleh warga RT. 04 Suku 01 berupa  bedah rumah milik seorang janda Suparmi. Rumah yang dibedah (istilah sekarang) berukuran 5.5 M X 9.5 M. Bedah rumah langsung dikoma ndo oleh kepala Kampung  dan perangkat Kampung dibantu oleh warga Rt. 04 Suku 01. Semangat gotong royong yang dilakukan oleh warga, mencerminkan bahwa persaudaraan dan kekeluargaan merupakan hal paling penting.

Warga Bersemangat Bergotong Royong Menimbun Lantai. (dokumen bogatama – foto : tangin).

 Sudarmi seorang janda termasuk warga yang tidak mampu. Mereka tinggal bersama kedua anaknya yang mulai menginjak remaja dan belum dapat bekerja untuk mencari nafkah. Usia yang lanjut ditambah sakit-sakitan. Bertiga menempati rumah berukuran 5.5 M X 9.5 M. Rumah yang cukup tua usianya. Sebenarnya sudah reyot bahkan hampir roboh dengan atap genteng jika hujan bocor semua. Dengan keadaan tersebut, maka kepala Kampung beserta jajaranya mengambil sikap untuk membantu memperbaikinya dengan berswadaya. Dan rencana itu disambut gembira oleh warga Kampung Bogatama.

“Saya berterimaksih kepada semua warga Kampung Bogatama khusunya RT. 04 suku 01. Yang telah mencurahkan tenaga dan hartanya untuk bersama-sama peduli dengan saudara kita Suparmi. Tanpa bantuan kalian rumah ibu suprmi tidak jadi diperbaiki. Momen ini adalah momen kebersamaan, yang menunjukan bahwa kita adalah sama. Mudah-mudahan acara seperti ini akan berlansung untuk Kampung Bogatama lebih maju dengan saling bahu membahu dan tolong menolong.” Sambut Kepala kampung.

Kepala Kampung Beserta Warga Bergotong Royong Bedah Rumah,(dokumen Bogatama – foto : tangin).

Kegiatan ini merupakan ciri khas bangsa Indonesia, khususnya warga Kampung Bogatama. Dengan harapan kegiatan ini dapat berlangsung secara rutin. Bukan saja gotong royong royong bedah rumah, tetapi gotong royong dalam bentuk lainya. Karena ini merupakan cita-cita dan aikon Kabupaten Bupati Tulang Bawang. Dengan gotong royong semua pekerjaan akan ringan dan cepat selesai. “Karena gotong   royong merupakan inti sari dari ajaran Pancasila” Mengutip pidato Ibu Winarti, Bupati Tulang Bawang.

(tgn/bgtma)

Facebook Comments

1 Comment

Tinggalkan Balasan