Sosialisasi dan Pemasangan Daftar Pemilih Tetap Kampung Bogatama

bogatama.desa.id 30/08/2018. Indonesia Merupakan Negara Demokrasi yang baru saja memperingati hari jadinya yang ke 73, sebagai Negara Kesatuan yang menjunjung tinggi Sistem Demokrasi. Pada Tahun 2018 tepatnya tanggal 27 Juni 2018 baru saja menggelar Pesta Demokrasi dengan mengadakan Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur (PILGUB) untuk Masa Bhakti 2018 – 2023. Selesai menggelar Pilgub dengan aman damai dan lancar dengan terpilihnya Gubernur dan Wakil Gubernur Arinal –Nunik kini di Propinsi ini di hadapkan dengan Pemilihan Umum yaitu Pemilihan Legislatif ( PILEG) dan Pemilihan Presiden (PILPRES) Tahun 2019 yang akan datang.

Pemasangan DPT pada TPS 03 dan TPS 09 (doc.Mamat)

Tahapan demi tahapan persiapan dalam rangka menuju Pesta demokrasi tingkat nasional itu telah dipersiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) baik ditingkat Nasional, Provinsi, maupun Kabupaten dengan kembali memperbaiki data calon Pelilih mulai dari Daftar pemilih Sementara ( DPS), Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) sampai dengan terbit Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu yang akan datang. Hari ini Tanggal 30 Agustus 2018 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kampung Bogatama memasang Daftar Pemilih Tetap (DPT) dibeberapa tempat strategis dan mudah dijangkau Masyarakat. Tujuan dipasangnya DPT pada tempat tempat tersebut dimaksudkan agar seluruh Masyarakat Kampung Bogatama kembali melihat DPT dan memastikan namanya telah tercamtum dalam daftar.

Pemasangan DPT Pada TPS 04 dan TPS 10 (doc. Mamat)

Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kampung Bogatama Pada Pemilihan Umum ini terbagi menjadi 12 TPS tersebar di 5 Suku, yaitu Suku 1 TPS 01 dan TPS 07 Suku 2 TPS 02,TPS 03 dan TPS 08 Suku 3 TPS 04, TPS 09 dan 10 Suku 4 TPS 05 dan TPS 11 serta Suku 5 TPS 06 dan TPS 12. Pada setiap TPS terdapat 180 sd 280 Daftar Mata pilih, sedangkan Pengguna hak pilih yang terdaftar dalam DPT Seluruh Kampung Bogatama terdiri dari 2676 Mata Pilih laki – laki dan perempuan.

Emak-emak sedang melihat Daftar Pemilih Tetap (DPT) (doc. Mamat)

Sebagai salah satu upaya sosialisasi pada masyarakat Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kampung Bogatama selalu berkoordinasi dengan Tokoh Masyarakat, tokoh Agama, dan segenap Aparatur Kampung agar seluruh Masyarakat dapat melihat DPT yang sudah dipasang oleh PPS sehingga dalam Pimilihan umum nanti Masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih dapat menyalurkan aspirasinya. Seandainya terpaksa ada warga yang namanya belum terdaftar dalam DPT masih ada waktu untuk mengusulkan melalui PPS dengan membawa tanda bukti berupa Kartu Keluarga (KK)dan Kartu tanda Penduduk (KTP) Elektronik sebagai sumber data untuk dimasukkan kembali dalam Daftar Pemilih Tambahan Baru (PDTB).

Kegiatan Sosialisasi DPT Kepada Warga Masyarakat (doc. Mamat)

Setelah terpasangnya DPT pada tempat yang sudah ditentukan, PPS berharap seluruh Masyarakat  berperan aktif dengan memastikan namanya telah tercantum dalam DPT, dan bersedia melaporkan kepada PPS bila ditemukan warga Kampung Bogatama yang sudah mempunyai hak pilih tetapi namanya belum tercantum demi suksesnya Pemilu 2019, karena dengan “PEMILIH BERDAULAT NEGARA KUAT”, demikian slogan dari Komisi Pemilihan Umum ( KPU ). (Kang Mamat)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan