Idul Adha Di Kampung Bogatama Memakan Korban 62 Nyawa

Proses penyembelihan hewan qurban sapi (dokumen desa.id Oleh. hendra)

bogatama.desa.id 26/08/2018 Hari Raya Idul Adha merupakan hari yang sangat bersejarah bagi umat muslim, dikisahkan dalam sejarah pada hari itu Nabiyullah Ibrahim AS diuji keimanannya Oleh Allah SWT dengan perintah menyembelih putranya Ismail AS. Padahal Ismail AS merupakan Putra kesayangan Nabi Ibrahim AS dan merupakan putra satu satunya yang sudah tidak berjumpa sekian lama dengan Ayahandanya, namun pada saat berjumpa dengan ayah handanya justru Allah memberikan wahyu kepada Nabi Ibrahim AS untuk menyembelih Putranya Ismail AS.

Proses penyembelihan hewan qurban sapi (dokumen desa.id Oleh. hendra)

Walaupun dengan berat hati Nabi Ibrahim tetap melaksanakan perintah Allah tersebut dengan lebih dahulu meminta izin kepad Nabi Ismail AS. “Putraku ,aku disuruh oleh Allah SWT untuk menyenbelihmu, bagiaman pendapatmu ?. Diluar dugaan Nabi Ismail AS menjawab, “ Demi Allah laksanakan Perintah Allah itu wahai ayahku, Isnya Allah engkau mendapatkanku termasuk orag yang sabar”. Mendengar jawaban Putranya Ismail AS akhirnya Nabi Ibrahim AS melaksanakan perintah Allah tersebut dengan membaringkan Nabi Ismail AS diatas batu dan siap menyenbelihnya. Namun Allah Maha mengetahui dan Maha pengasih Penyayang Nabi Ismail AS digantikan Oleh Allah dengan seekor domba yang sangat besar.

Proses penyembelihan hewan qurban sapi (dokumen desa.id Oleh. hendra)

Dari kisah ini akhirnya Umat Nabi Muhammad SAW disunnahkan untuk menyembelih hewan Qurban pada hari Raya Idul Adha dan 3 hari sesudahnya ( Hari Tasyrik ) bagi yang mampu . Tak terkecuali Warga Kampung Bogatama Kecamatan Penawartama Hari Raya Idul Adha Tahun 2018 M / 1349 H ini juga banyak yang melaksanakan penyembelihan hewan qurban, tercatat ada 9 ekor sapid an 53 ekor kambing yang terbagi di 4 titik penyembelihan.

Do’a bersama sebelum Proses Penyembelihan hewan qurban (dokumen desa.id Oleh Hendra)

Meskipun tempat penyembelihan hewan qurban terbagi menjadi 4 tempat, namun berkat kerja keras dari panitia qurban yang di komando oleh Hi. Miftahul Huda pembagian daging qurban dapat dilaksanakan dengan baik, terbukti daging hewan qurban yang ada dapat dirasakan oleh seluruh warga muslim Kampung Bogatama yang berjumlah 1.203 Kepala Keluarga yang tersebar di 5 suku tanpa kecuali. Proses Pemotonga Hewan qurban dan pembagian daging serta lainnya dikampung Bogatama dimulai pukul 08.30 dan berakhir pukul 15.20 Wib. “mudah – mudahan tahun demi tahun kesadaran untuk berqurban dan berbagi kepada sesama Muslim khususnya dikampung Bogatama dapat meningkat”. Demikian yang disampaikan oleh pemerintahan Kampung Bogatama sewaktu menutup acara proses pembagian daging qurban.

Proses Pengerjaan hewan qurban (dokumentasi desa.id. Oleh. Hendra)


(Kang Mamat)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan