Pembangunan jembatan melalui dana desa

Pembangunan Jembatan di Suku 05 ( Air Merah ) Melalui Dana Desa Tahun Anggaran 2018. (dokumen desa. bogatama - foto : Muatangin)

Salah satu upaya Pemerintah Pusat untuk mewujudkan pembangunan sampai dengan tingkat paling bawah ( Kampung ) adalah dengan cara menyalurkan Dana Desa (DD). Berdasarkan petunjuk tekhnis pemanfaatan Dana Desa ( DD ) salah satunya adalah untuk meningkatkatkan Sarana Prasarana dasar di desa / Kampung seperti pengerasan jalan ( Under lag), Pembangunan Gorong – gorong, Jembatan, sarana penunjang pertanian, dan sarana prasarana lainnya.

Untuk mewujudkan Program Pemerintah tersebut, Pemerintah Kampung Bogatama tahun Anggaran 2018 telah membangun satu unit jembatan penghubung antara Pemukiman warga. Bogatama dan lahan perkebunan. Pembangunan jembatan merupakan jawaban dalam kurun waktu 32 Tahun atau sejak terbentuknya Kampung Bogatama jalan tersebut tidak bisa dilalui karena dibatasi oleh sungai buatan ( Kanal ).

Jalan tersebut merupakan Akses jalan utama suku 5 (Air Merah ) untuk menuju lahan pertanian warga. Mengingat selama ini warga suku 5 ( Air Merah) apabila ingin ke lahan perkebunan mereka harus melintasi Jalan memutar yang memakan waktu lebih kurang 30 Menit, padahal warga Suku 5 ( Air Merah ) mayoritas lahan perkebunannya terletak di seberang sungai ( Kanal) yang apabila dibuat jembatan hanya membutuhkan waktu 5 menit.

Jembatan yang dibangun terletak di suku 05 ( air merah ) lebar 3 Meter dan panjang 16 Meter.Bersumber dari dana desa tahun anggaran 2018.Disamping tenaga swadaya gotong royong, Pekerjaan itu dilakukan oleh tukang yang berasal dari kampung Bogatama. Sebab banyak tenaga yang mampu dan terlatih. Dengan alasan supaya warga ada rasa memiliki pembangunan tersebut.

Proses pemasangan Papan Cor

 Pembangunan Jembatan di Suku 5 ( Air Merah ) Doc. Iswanto

Pembangunan Jembatan penghubung tersebut diperkirakan selesai dalam bulan Agustus ini. Dengan adanya pembangunan ini menurut Ketua Suku 5 ( Air Merah ) masyarakat merasa sangat senang dan disambut dengan suka cita, karena pembangunan jembatan ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kampung Bogatama khusus untuk lingkungan Suku 5 ( Air Merah yang selama ini merasa termarginalkan karena belum tersentuh program dana desa yang di gelontorkan oleh Pemerintah Pusat.

( kang Mamat)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan