Ujian Nasional Berbasis Komputer

bogatama.desa.id 29/08/2018 Harapan Pemerintah bidang Pendidikan seperti yang tertuang dalam Undang – undang System Pendidikan Nasional ( UU SISDIKNAS) Nomor. 20 Tahun 2003 Tujuan Pendidikan Nasional adalah; “Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,bertujuan untuk berkambang potensi peserta didik agar menajdi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

Peserta Rapat Koordinasi sedang mendengarkan arahan

Mengacu pada tujuan pendidikan tersebut diatas Hari ini Rabu, 29 Agustus 2018 Ketua Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTsN 01 Tulang Bawang mengundang seluruh anggota KKM untuk mengadakan Rapat Koordinasi yang bertempat di Gedung MTsN 01 Tulang Bawang. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Seksi (KASI) Pendidikan Madrasah ( PENMAD) Hi. Marsudi, S.Ag, S,Pd.I, M.Pd.I dan Ketua Kelompok Kerja Pengawas (POKJAWAS) Kementrian Agama Kabupaten Tulang Bawang Dra.Hj.Suresmi, M.Pd.I

Kasi Penmad Sedang memberikan sambutan sekaligus arahan (doc. Mamat)

Dalam sambutannya Kepala Seksi Pendidikan Madrasah menyampaikan bahwa pada Tahun Pelajaran 2018/2019 Pendidikan tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) wajib melaksanakan Ujian Nasional berbasis Komputer, “ini sudah tidak bisa ditawar tawar lagi, kalau Tahun Pelajaran Kemarin 2017/2018 masih ada toleransi untuk tingkat MTs, dan hanya berlaku bagi yang sudah siap melaksanakan UNB-K saja, tetapi untuk tahun ini Tingkat MTs wajib UNB-K”, tutur beliau. Turut memberikan sambutan Ketua Pokjawas Kementrian Agama Kabupaten Tulang Bawang Dra.Hj.Suresmi, M.Pd.I bahwa Madrasah harus selalu siap dengan perubahan, harus selalu berbenah dan selalu bertumpu pada 8 standar pendidikan agar pendidikan Madrasah bermutu .Tahun Pelajaran 2017/2018.

Ketua Pokjawas sedang memberikan arahan kepada peserta rakor (doc. Mamat)

Madrasah Tingkat MTs yang sudah melaksanakan UNB-K baru MTsN 01 Tulang Bawang dan SA Pasar Batang. Sebagai Induk KKM Mts se-Kabupaten Tulang Bawang dan selaku Ketua KKM Ketua sekaligus Kepala MTsN 01 Tulang Bawang Hi. Lekat Rahman, M.Pd menyampaikan kepada peserta Rakor bahwa; “untuk melaksanakan UNB-K Madrasah Tsanawiyah dapat bekerjasama dengan Madrasah lain, atau yang dalam lembaganya ada tingkat MA dapat memakai fasilitas yang sudah ada, Komputer yang  digunakan untuk server juga harus yang benar benar bagus, hal ini untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan”.

Peserta Rakor sedang mendengarkan arahan dari Pokjawas (doc. Mamat)

Tujuan Kementrian Agama Melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer adalah untuk menjawab tantangan zaman modern yang semua serba digital dan memastikan Madrasah siap Melaksanakan Program Kementrian Pendidikan bahwa untuk evaluasi standar Pendidikan bagi peserta didik salah satunya dengan UNB-K yang diyakini paling efektif untuk saat ini.Dengan program Kementrian agama ini membuktikan bahwa madrasah hebat, Madrasah Bermartabat sebagai semboyan Kementrian Agama bidang Pendidikan dapat terwujud.

(Kang Mamat)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan