Bendungan Way Siwa membutuhkan perbaikan

Kondisi Pagar Jembatan menju Bendungan yang sudah roboh. (dokumen desa.id oleh Kang Mamat)

Bogatama.desa.id (17/09/2018) Salah satu aset Pemerintah Pusat yang ada dikampung Bogatama adalah Embung (Bendungan), namanya “Bendungan Way Siwa”. Bendungan ini mempunyai panjang lebih kurang 600 Meter yang memanjang dari barat samapi timur dan lebar lebih kurang 50 meter. Melihat potensi yang ada saat ini di Wilayah Kecamatan Penawartama bendungan ini merupakan bendungan terpanjang.

Namun kondisi bendungan tersebut saat ini sangat memprihatinkan, tampak disekitar bendungan kondisi bibir bendungan banyak yang sudah longsor dan sangat kotor. Meski demikian setiap hari libur terutama hari Minggu dan hari – hari besar lainnya selalu ramai pengunjung terutama anak muda.

Kondisi Papan Nama Proyek yang sudah tidak bisa terbaca (Dokumentasi desa.id Oleh Kang Mamat)

Kerusakan yang terjadi dibendungan itu tergolong sangat parah, hal itu dapat dilihat dari pagar jembatan yang sudah roboh sebelah, papan nama proyek yang sudah tidak terbaca, bibir bendungan yang kotor dan tak terawat sampai dengan Prasasti yang sudah tidak terbaca. Melihat dari sisa – sisa tulisan yang tertera di Papan Proyek bahwa bendungan itu sampai dengan saat ini bendungan Way Siwa masih dalam penguasaan Pemerintah dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (PU). Tertulis dalam papan pengumuman itu No Reg.213.15.07/135.01/01/003,ini menunjukkan bahwa perawatan dan pengelolaan terhadap bendungan itu menjadi tanggung jawab pemerintah melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU).

Kondisi Bibir Bendungan sebelah timur saat ini (Dokumentasi desa.id Oleh Kang Mamat)

Berangkat dari permasalahan ini pihak Kampung bermaksud ingin menjalin kerjasama dengan Pemerintah Cq. Dinas Pekerjaan Umum untuk bersama – sama merawat dan memelihara bendungan Way Siwa, Melihat potensi dari bendungan itu dapat dipastikan bahwa apabila dikelola dengan baik seperti digunakan untuk destinasi wisata air atau keramba bisa menghasilkan Pendapatan Asali Desa (PAD) yang dapat menunjang Pemerintahan kampung Bogatama, juga perawatan keberadaan bendungan dapat maksimal.

Keinginan Pemerintah Kampung Bogatama ini mengacu pada hasil kunjungan Bupati Tulang Bawang Hj.Winarti, SE,MM ke Jawa Timur beberapa waktu lalu yang hasilnya diataranya akan memaksimalkan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Tulang Bawang.(Kang Mamat)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan