Destinasi Wisata Yang terlupakan

Warga Kampung Bogatama yang Memanfaatkan Bedungan dengan menyewakan perahu (doc. Fidia)

bogatama.desa.id 01/09/2018.Dipenghujung Kecamatan Penawartama yang juga merupakan Ibu Kota Kecamatan Penawartama tempo dulu sangat terkenal dengan keindahannya, sehingga menarik minat pengunjung berdatangan bukan hanya dari warga yang berdomisili disekitarnya, tetapi dari Kampung lain bahkan dari luar Kabupaten Tulang Bawang. Saat itu ditempat ini merupakan ikon yang sangat menarik untuk dikunjungi sekedar untuk bersantai ria, memancing, berduaan dengan kekasih dan segala bentuk kegiatan lainnya yang bersifat hiburan. Bahkan setiap Hari Besar Nasional ataupun Hari Besar Islam ( hari libur) sering digelar hiburan music Orgen Tunggal, Kuda Lumping, dan lainnya, pengunjungnyapun selalu Ramai dan berebut untuk membeli karcis masuk dengan harga antara Rp. 5 000,- sampai dengan Rp. 25.000.

Kerusakan Tanggul Pembuangan Debit air (doc.Fidia)

Kondisi Tanggul Pembuangan sebelah Timur (doc.Fdia)

Kegiatan seperti ini terjadi sekitar tahun 1994 sampai dengan saat ini, akan tetapi yang terjadi saat ini tidak seperti tempo dulu yang sangat menarik minat pengunjung, tempo dulu tidak jarang kami mendengar komentar dari para pengunjung yang mengelu elukan keindahan tempat itu. Ini karena tak terlepas dari adanya Bendungan Yang dinamakan ‘WAY SIWA”. Bendungan ini terletak di Kampung Bogatama Kecamatan Penawartama. Lebih Kurang dalam kurun waktu 10 Tahun terakhir nampaknya ikon yang sangat menarik itu lepas dari perhatian. sehingga saat ini keberadaannya sangat perlu uluran tangan dari para Investor yang perduli dengan dunia wisata.

Kondisi Bibir bendungan Way Siwa (doc. Iwan)

Pemandangan Alam di sepanjang Bendungan (doc. Iwan)

Penyebab kurangnya perhatian ikon tersebut bukan tanpa sebab, dari beberapa sumber yang mengetahui sejarah adanya bendungan itu, termasuk Pemerintah Kampung Bogatama tidak bisa berbuat banyak, karena masalah status pengelolaan aset itu menjadi tanggung jawab siapa, satu sisi bahwa pengelola bendungan itu masih mutlak Dinas Pekerjaan Umum (PU) namun sisi lain setiap Pemerintah Kampung mengajukan Rehabilitasi belum mendapatkan tanggapan yang serius.

Keramba Yang dibuat Warga memanfaatkan Air Bendungan ( doc. Iwan

Bendungan terlihat dari arah Jembatan Penghubung (doc. Iwan)

Kolam Ikan Warga memanfaatkan pinggir bendungan (doc.Fidia)

”Kami selaku warga Kampung Bogatama sangat mengharap tanggapan dari pihak terkait, karena apabila bendungan WAY SIWA dikelola dengan baik dan dibuat destinasi wisata air, tentu akan bisa mendatangkan keuntungan bukan hanya untuk warga Kampung Bogatama, tetapi untuk Kabupaten Tulang Bawang, karena bisa menciptakan lapangan kerja baru, mendapat inkam dari pengelolaan dan tentunya akan menarik minat pengunjung dari berbagai daerah”. Demikian menurut pengamatan para pemangku kebijakan Kampung Bogatama. (Kang Mamat)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan