Balita dan ibu hamil berbondong-bondong datangi posyandu tunas bangsa

Kegiatan Posyandu dan Bumil Kampung Bogatama Bulan September 2018. (dokumen desa.id - foto : Mamat).

,

Bogatama.desa.id (15/09/2018) Pos Pelayanan Terpadu (POSYANDU) Merupakan upaya untuk mewujudkan program kerja pemerintah dlam bidang kesehatan. Pemerintah telah menyediakan layanan kesehatan bagi anak Bawah Lima Tahun (BALITA) dan Ibu Hamil (BUMIL) berupa posyandu rutin setiap bulan untuk memperhatikan status kesehatan para Balita dan Bumil di Indonesia.

Posyandu Balita dan Bumil adalah Pos Pelayanan Terpadu untuk anak usia Bawah Lima Tahun dan Ibu Hamil di suatu wilayah tertentu, yang sudah disepakati dan digerakkan oleh masyarakat di mana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Posyandu Balita dan Bumil juga merupakan kebijakan pemerintah untuk pengembangan pelayanan kesehatan bagi mereka yang penyelenggaraannya melalui Program Puskesmas dengan melibatkan peran serta Bidan Desa, Kader Posyandu, Anak Balita dan Ibu Hamil.

Kegiatan Penimbangan Balita Pada Posyandu (dokumen desa.id – foto : mamat)

Tujuan umum dari Posyandu Balita dan Bumil adalah untuk menjaga anak Balita dari berbagai macam penyakit yang disebabkan Virus atau Kuman, sedangkan bagi Ibu Hamil untuk menjaga kesehatan Janin dalam kandungan dan kesehatan fisik maupun psikologis.

Beberapa manfaat yang didapat dari posyandu Balita, antara lain: Memperkuat daya tahan tubuh bagi Balita dari serangan Virus maupun Kuman, Menjaga Balita agar tetap sehat dan selalu ceria, Menjadikan Balita kebal terhadap serangan penyakit yang berbahaya.
Adapun bagi Ibu Hamil manfaat dari diadakannya Posyandu ini adalah Mejaga kesehatan fisik dan mental psikologis Ibu Hamil, saat menghadiri posyandu, para Ibu Hamil akan bertemu dengan sebayanya sehingga merasa tidak sendiri, Di posyandu mereka dapat berkomunikasi dan berkonsultasi berkaitan dengan trik menjaga kandungan agar janin dan ibunya tetap sehat.

Ibu-Ibu Posyandu Sedang Berdiskusi Tentang Kesehatan. (dokumen desa.id – foto : mamat)

Kelompok Balita merupakan golongan yang paling memerlukan perhatian khusus dari keluarga dan lingkungan, karena mereka tidak mampu memenuhi sendiri kebutuhan akan kesehatannya. Untuk itu, peranibu sangatlah besar. Dengan Posyandu yang diadakan oleh Kampung Bogatama diharapkan mampu untuk menjawab tantangan yang ada pada balita dan bumil, sehingga balita dan bumil akan mendapatkan pelayanan dalam peningktan kesehatan balita dan bumil.

(Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan