Kementrian Agama Kabupaten Tulang Bawang Menggelar Acara Seminar Nasional

Jajaran Pejabat Kementrian Agama dalam Seminar Nasional

di Balai Room Hotel Sarbini Menggala (doc.Mamat)

bogatama.desa.id 03/09/2018. Pendidikan diera milenial tidaklah mudah seperti yang kebanyakan orang tua fikirkan, diera milenial ini pengaruh tekhnologi sangat berdampak besar bagi pembentukan karakter anak dimasa perkembangan, adanya Android, Gadget, dan alat – alat canggih lainnya apabila dalam penggunaannya tidak berhati – hati maka akan mendatangkan kemudharatan. Banyak sudah kasus yang terjadi disebabkan oleh alat – alat tersebut, seperti perselingkuhan,  kekerasan dalam rumah tangga, anak – anak balita kecanduan game online, remaja salah dalam pergaulan dan contoh – contoh lain yang bersifat negative.

Ketua Pokjawas Kemenag Tulang Bawang

sedang memandu acara pembukaan Seminar Nasional

Melihat kenyataan seperti ini Kementrian Agama Kabupaten melalui Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) menggelar Seminar Nasional yang bertemakan “KIAT SUKSES MENDIDIK ANAK DI ERA GADGET”. Seminar ini digelar di Hotel Sarbini Menggala yang menghadirkan nara sumber dari Jakarta “Bunda Kurnia Widhiatuti, S.Si dari lembaga Sigma Daya Insani . Hadir dalam Pembukaan acara seminar Nasional ini Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kementrian Agama Kabupaten Tulang Bawang Hj. Eviana, S.Ag, M.Pd.I mewakili Kepala Kantor Kementrian Agama, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Hi.Marsudi, S.Ag, S.Pd.I, M.Pd.I, Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Hi. Sumarno,M.pd, dan Pengawas RA dan Madrasah Rokhman, M.Si Juga Ketua Pokjawas sekaligus Pengawas Madrasah Tingkat MTs dan MA Dra.Hj. Suresmi, M.Pd.I

Kasubbag Tata Usaha Kemenag Tulang Bawang Hj.Eviana, S.Ag, M.Pd.I

sedang memberikan sambutan sekaligus membuka acara seminar.

Dalam Sambutannya Hj.Eviana, S.Pd.I, M.Pd.I menyampaikan Kepada Peserta Seminar bahwa menghadirkan Beliau (Kurnia Widhiatuti, S.Si ) adalah tidak mudah maka kepada peserta Seminar agar dapat memanfaatkan acara ini dengan sebaik mungkin karena acara semacam ini baru kali pertama digelar di lingkungan Kemenag Kabupaten Tulang Bawang. semula seminar Nasional ini akan diikuti 150 Peserta yang terdiri dari Guru Madrasah dan Guru Pendidikan Agama Islam dilingkup Kemenag Kabupaten Tulang Bawang. Namun pada kenyataannya diikuti lebih kurang 215 Peserta, bahkan ada peserta yang berasal dari Organisasi Muslimat, sehingga Sarana Prasarana dan Akomodasi yang disediakan Panitia tidak mencukupi, bahkan Balai Room Hotel Sarbini penuh sesak oleh Peserta. Namun hal ini ini tidak mengurangi semangat peserta seminar mulai dari awal sampai dengan selesai.

Nara Sumber (Bunda Kurnia Widhiatuti, S.Si ) sedang memberikan materi.

Kegiatan Seminar Nasional ini dimulai puku 08.30 dan berakhir pada pukul 12.30 WIB. Bunda Kurnia Widhiatuti, S.Si menerangkan bahwa; “pendidikan diera Gadget ini kalau tidak berhati – hati akan sangat membahayakan mentalitas anak – anak, sekarang apapun informasi dengan sangat mudah diakses dengan Gadget, seperti youtube, game online, gambar gambar yang tidak mendidik,sampai dengan perilaku kekerasan. Untuk mengantisipasi hal itu maka perlu adanya pengawasan dari orang tua jangan sampai membiarkan anak bermain gadget secara berlebihan, orang tua harus bisa mengalihkan perhatian anak dari bermain gadget dengan cara santun dan tidak dengan kekerasan, Mendidik dengan cara keras malah akan menjadikan mental anak kita kurang baik.

Antusias para Peserta Seminar sedang mendengarkan

dengan penuh perhatian.

Dilingkungan sekolah Seorang Guru adalah Figur yang harus meberikan contoh yang baik bagi siswa, biasakan anak dengan membaca Alqur’an sebelum belajar, jangan menghukum anak dengan hal – hal yang kurang bermanfaat, hukum anak didik kita dengan menulis surat –surat dalam Alqur’an, karena dengan membiasakan menulis Ayat ayat Alqur’an anak akan merasa lebih mencinati Alqur’an yang dapat menghasilkan perilaku yang mencerminkan Alqur’an. Biasakan anak memberi dan meminta maaf kepada sesama, do’akan anak didik dengan do’a yang baik, kirim selalu anak didik dengan dikhusukan dan dibacakan Surat Fatihah, dan sebagai guru ataupun orang tua mari biasakan diri untuk memberikan maaf kepada orang lain yang pernah kita sakiti terutama kepada kedua orang tua. karena dengan memaafkan orang lain hati kita akan menjadi bercahaya. Tanamkan dalam diri kita dan anak didik kita cinta kepada Nabinya, biasakan dengan membaca Shalawat kepada Nabi maka niscaya hati dan fikiran kita akan tenang dan tenteram”.

 Peserta Kaum Ibu Sedang Fokus mendengarkan Pemaparan.

Menurut peserta seminar penyampaian nara sumber sangat jelas, lugas, tegas dan memuaskan serta mudah dicerna oleh peserta. Semoga dengan seminar Nasional ini Dunia Pendidikan di Kabupaten Tulang Bawang akan lebih maju, Guru dapat mendidik para siswa sesuai dengan yang disampaikan oleh nara sumber sehingga out put dari pendidikan sesuai dengan Nawa Cita bidang pendidikan yang di canangkan Presiden Repubik Indonesia Ir. Hi. Joko Widodo. (Kang Mamat).

Peserta laki – laki sedang mendengarkan Pemaparan.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan