Hari Olah Raga Nasional Siswa Sekolah di Kampung Bogatama Menggelar Belajar dialam terbuka

Guru SDN 02 Bogatama sedang menertibkan siswa siswi ditempat wisata.(Dokumen desa.id Oleh Fidia)

Bogatama desa.id Tanggal 09 September adalah merupakan Hari Olah Raga Nasioanal (HAORNAS), bertepatan tanggal tersebur tahun 2018 ini bertepatan dengan hari Minggu atau hari libur untuk umum baik perkantoran maupun instansi lain termasuk Pendidikan. Memanfaatkan Moment Haornas tahun ini meskipun tidak tepat pada tanggal 09 September, kemarin Senin 10 September 2018 Siswa Siswi sekolah di Kampung Bogatama menggelar belajar bersama ditaman wisata yang terdapat di Kampung Bogatama, tepatnya di Bendungan Way Siwa.

Guru SDN 02 Bogatama sedang menertibkan siswa siswi ditempat wisata.(Dokumen desa.id Oleh Fidia)


Siswa siswi SD, SMP, SMK, SMA yang terdapat di Kampung Bogatama berduyun – duyun melaksanakan pembelajaran ditempat terbuka yang dipandu oleh guru pada tingkatan sekolah masing – masing. Sebelum mereka berkumpul dan menyatu di area Bendungan Way Siwa yang merupakan Destinasi Wisata yang terdapat di Kampung Bogatama para siswa dan guru melakukan jalan sehat dari sekolah masing – masing ketempat tujuan. Secara spesifik sebenarnya Bendungan Way Siwa adalah tempat wisata andalan di Wilayah Kabupaten Tulang Bawang, namun karena kurangnya perawatan sehingga menyebabkan kondisi tempat wisata itu sangat memprihatinkan.

Bibir Bendungan Way Siwa yang butuh perhatian.(Dokumen desa.id Oleh Fidia)


Siswa -siswi SDN 02 sedang berkumpulmenerima materi pembelajaran.(Dokumen desa.id Oleh Fidia)

Kegiatan Belajar diluar ruangan atau dialam terbuka dimaksudkan agar para siswa – siswi terutama siswa tingkat dasar dapat belajar dari alam terbuka, mengenal tumbuh – tumbuhan secara langsung, mengenal air dan sifatnya mngenal binatang dialam bebas dan lain lain. Selain menyenangkan kegiatan belajar dengan system seperti ini ternyata paling banyak diminati oleh siswa, karena dapat berinteraksi dengan alam secara langsung dan tidak terkekang dengan tembok pembatas ruangan layaknya belajar diruang kelas. Siswa dapat lebih focus dalam menerima materi pembelajaran karena jiwanya merasa bebas.

Siswa -siswi SDN 02 menuju tempat wisata (Dokumen desa.id Oleh Fidia)

Setiap hari sebenarnya dibendungan Way Siwa Kampung Bogatama selalu ramai pengunjung, baik masyarakat Bogatama sendiri maupun dari luar Kampung yang ingin sekedar refreshing dengan memancing atau duduk santai, karena di bendungan Way Siwa selain terkenal mempunyai wilayah yang luas juga dikenal oleh masyarakat dengan ikannya yang lumayan besar, bahkan tak jarang para pemancing mendapatkan ikan dengan berat sampai dengan 11 Kg 1 ekor. Mengingat hal ini Pemerintah Kampung Bogatama berupaya untuk menjadikan Bendungan Way Siwa sebagai Destinasi Wisata Kampung yang dapat mendulang Penghasilan Asali Kampung / Desa (PAK/PAD), namun karena keterbatasan kemampuan anggarana sehingga sampai dengan saat ini hal itu masih sebatas wacana.

SebagianSiswa SMK Kosgoro sedang berkumpul bersama teman – temannya disela acara.(Dokumen desa.id Oleh Fidia)

Dalam kesempatan lain Kepala kampung Bogatama menyampaikan, “Kami berharap ada campur tangan Pemerintah Daerah ataupun Pemerintah Pusat kiranya dapat memperhatikan dan menghadirkan Investor bidang Pariwisata untuk pengembangan destinasi Wisata ini agar dapat terwujud Bendungan Way Siwa yang dapat menjadi ikon unggulan di Kabupaten Tulang Bawang” tuturnya. (Kang Mamat)

Facebook Comments

1 Comment

Tinggalkan Balasan