Malam 10 Muharram jama’ah masjid Baitul Muttaqin menyantuni anak yatim dan yatim piatu

K.H Ahmad Choirudin, S.Pd.I sedang memberikan tausyiayah tentang keutamaan malam 10 Muharram (yaumul 'Asyuro') ( Dokumen desa.id Oleh Kang Mamat)

Bogatama.desa.id Bulan Muharram dalam bahasa mempunyai arti “Mulia”, Kemuliaan bulan Muharram dalam ajaran agama Islam karena dibulan itu awal mula Nabi Muhammad SAW hijrah dari kota Mekkah ke kota Yatsrib (Madinah) untuk mengembangkan dakwah, pada bulan Muharram pula para Nabi dan Rasul dibebaskan dari ujian Allah SWT, seperti Nabi Adam diterima taubatnya oleh Allah SWT, Nabi Yunus keluar dari perut ikan Nun, Nabi Yusuf sembuh dari penyakit kusta, Nabi Musa selamat dari kejaran Raja Fir’aun dan lain – lain.

Kemuliaan yang terkandung dalam bulan Muharram terutama terletak pada tanggal 10 Muharram pada tanggal itu nabi Muhammad SAW memerintahkan kepada umatnya untuk berpuasa sunnah dsiang harinya dan pada malam harinya diperintahkan untuk melaksanakan amalan -amalan sunnah, karena itulah setiap malam tanggal 10 Muharram dimasjid Baitul Muttaqin kampung Bogatama selalu diisi dengan berbagai macam kegiatan termasuk diantaranya dengan menyantuni anak yatim.

Panitia Santunan anak yatim dan yatim piatu sedang menyiapkan data. (Dokumen desa.id Oleh Kang Mamat)

Sebelum santunan di laksanakan terlebih dahulu jama’ah masjid Baitul Muttaqin terlebih dahulu menggelar kenduri dan berdo’a bersama agar dijauhkan dari segala musibah ( Bala’), kemudian dilanjutkan dengan acara mengusap sebagian kepala dan rambut anak yatim dan yatim piatu secara bergiliran. Tujuan mengusap sebagian kepala dan rambut anak yatim dan yatim piatu ini dimaksudkan sebagai tanda sayang kita kepada anak yatim dan yatim piatuagar para anak yatim merasa bahagia.


Prosesi mengusap kepala anak yatim dan yatim piatu sebagai perwujudan sayang (Dokumen desa.id Oleh Kang Mamat)

Acara santuan anak yatim dan yatim piatu tahun ini di masjid Baitul Muttaqin merupakan agenda rutin tahunan yang sudah berjalan beberapa kali, namun tahun – tahun yang lalu belum bisa seberberhasil tahun ini, Karena tahun ini berhasil mengumpulkan dana sejumlah Rp.7.030.000,- (Tujuh Juta Tiga Puluh Ribu Rupiah) dan dibagikan kepada 5 anak yang berasal dari lingkungan sekitar masjid per anak mendapatkan Rp.1.406.000,- (Satu Juta Empat Ratus Enam Ribu Rupiah) meskipun acara pengumpulan dana dilaksanakan mendadak. Hadir dalam acara santunan kali ini Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Penawartama (Ansori, S.Ag) dan turut memberikan santunan.

Kepala KUA Kecamatan Penawartama berbaur dengan jama’ah masjid Baitul Muttaqin Kampung Bogatama. (Dokumen desa.id Oleh Kang Mamat)

Pelaksanaan rangkaian kegiatan santunan anak yatim dan yatim piatu oleh jama’ah masjid Baitul Muttaqin kampung Bogatama dihadiri lebih kurang 150 – 200 orang, dengan hikmat semua jama’ah mengikuti rangkaian acara yang dimulai setelah berjama’ah sholat maghrib atau sekitar jam 18.30 sampai dengan jam 19.45. Setelah selesai acara santunan selesai dilanjutkan dengan sholat ‘Isya’ dan sholat sunnah Tasbih, Taubat, dan Hajat secara berjamaah.

Sambutan Kasi Pemerintahan mewakili Kepala Kampung Bogatama dalam acara santunan anak yatim dan yatim piatu dimasjid Baitul Muttaqin.(Dokumen desa.id Oleh Kang Mamat)

Mewakili Kepala Kampung yang berhalangan hadir dalam sambutannya Kasi Pemerintahan kampung Bogatama menyampaikan bahwa “Kegiatan santunan seperti ini merupakan bukti bahwa kita sayang dan ingin membahagiakan anak yatim dan yatim piatu, bagi siapapun yang dengan ikhlas membantu dan membahagiakan anak yatim dan yatim piatu maka akan dimudahkan urusannya oleh Allah SWT”.demikian tuturnya. Pemerintah sangat berharap kegiatan ini bisa selalu dilaksanakan bukan hanya di bulan Muharram akan tetapi dibulan – bulan yang lain juga, agar rasa kasih sayang kita kepada anak yatim semakin bertambah mantab. (Kang Mamat)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan