Santri TPA Baiturrahman Kampung Bogatama Menggelar Lomba Adu Ketangkasan

Persiapan Lomba Balap Karung Santri TPA di Lapangan Sepak Bola Kampung Bogatama.(Dokumentasi desa.id Oleh Gunawan)

Bogatama.desa.id Semenjak dahulu sampai dengan sekarang memperingati Tahun Baru sudah menjadi tradisi bagi Warga Negara Indonesia baik tahun baru Hijriyah maupun tahun baru Masehi. Bukan hal baru kegiatan dalam rangka memperingati tahun baru selalu diisi dengan kegiatan yang beraneka ragam, seperti perlombaan, pentas seni daerah, Dzikir dan do’a bersama, Pengajian dan kegiatan lainnya. Tidak mau ketinggalan santri Taman Pendidikan Alqur’an (TPA) Baiturrahman Kampung Bogatama dalam rangka menyambut dan memeriahkan tahun baru 1440 H diisi dengan beragam kegiatan Lomba Adu Ketangkasan seperti Lari karung, memasukan pensil dalam botol, dan bawa kelereng pakai sendok.

Lomba Balap Karung Santri Putri. (Dokumentasi desa.id Oleh Gunawan)

Kegiatan lomba adu ketangkasan santri TPA Baiturrahman Bogatama dipandu oleh Ustadz pembimbing diantaranya Ustadz Untung Firnando, Ustadz Musta’in Dasuki, Ustadz Agus, ustadz Muhdofi dan lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Kampung Bogatama yang terletak tepat didepan Masjid Baiturrahman dengan semangat para santri TPA berlomba untuk menjadi juara, “melihat animo santri yang mengikuti lomba bahwa kegiatan seperti ini perlu dilestarikan bukan hanya dalam rangka memperingati tahun baru saja , tetapi dapat dilaksanakan setiap ada momen seperti Peringatan Hari Besar Islam (PHBI)”, ungkap Ustadz Untung Firnando.

Lomba Balap Karung Santri Putri. (Dokumentasi desa.id Oleh Gunawan)

Lomba bawa kelereng pakai sendok Santri Putra.(Dokumentasi desa.id Oleh Gunawan)

Menurut pera ustadz pembimbing, Selain kegiatan lomba ketangkasan ini membuat badan sehat juga dapat menjadi motivasi santri untuk lebih giat mengikuti kegiatan pembelajaran di TPA, mengingat selama ini dirasakan oleh guru TPA minat anak untuk belajar mengaji sangat kurang dan belum ada perhatian dari orang tua, masih banyak orang tua yang kurang memperhatikan pendidikan anak bidang pendidikan non formal seperti TPA, Madrasah Diniyah dan lain –lain. hal ini diungkapkan oleh Ustadz Musta’in Dasuki guru pendidik TPA dikampung Bogatama.

Antusias Santri Menyaksikan lomba.(Dokumentasi desa.id Oleh Gunawan)

Pada prinsipnya dikampung Bogatama semenjak tahun 2006 sampai dengan sekarang kegiatan Lomba Antar Santri sudah menjadi agenda wajib dan rutin dalam gelaran HUT Kampung, setiap HUT Kampung Lomba Antar Santri TPA yang digelar di Kampung Bogatama tidak hanya untuk Santri TPA saja, melainkan sudah melibatkan Remaja dan peserta lomba juga beragam, seperti daerah atau Kampung lain seputar Bogatama bahkan Kecamatan lain yang ada di seputar Penawartama seperti, Kecamatan Gedung Aji Baru, Kecamatan Penawar Aji Kecamatan Meraksa Aji selalu hadir dan berpartisipasi dalam agenda rutin tahunan itu, namun untuk agenda kegiatan internal dikampung seperti peringatan tahun baru dan peringatan hari besar islam belum dapat teragendakan secara rutin.

Udtadz Agus Sedang Mempersiapkan Lomba Memasukkan Pensil Dalam Botol.<(Dokumentasi desa.id Oleh Gunawan)

Berangkat dari semangat santri mengikuti lomba adu ketangkasan ini pengasuh TPA Kampung Bogatama berharap semoga kedepan moment seperti ini bisa mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kampung dapat digelar setiap moment hari – hari besar lain karena kegiatan ini berdampak sangat positif bagi semangat santri menimba ilmu sehingga Santri TPA bukan hanya pandai dalam baca tulis Alqur’an, tetapi juga terampil dan tangkas dalam kegiatan lain. (Kang Mamat).

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan