Momen Muharram Tahun ini 41 Juta untuk Anak Yatim dan Yatim Piatu

Ketua Ranting NU Selaku Panitia Santunan Yatim dan Yatim Piatu Kampung Bogatama Dalam Rangka Memperingati 10 Muharram 1440 H( Dokumen desa.id Oleh Kang Mamat)

Bogatama.desa.id Perintah Nabi Muhammada SAW dalam sebuah hadits yang artinya “Aku dan orang yang mengurus anak yatim disyurga seperti ini sambil Beliau mengacungkan dua jari tengahnya dan memisahkannya”. Begitu sangat dekat, sayang dan perhatiaanya Rasulullah SAW terhadap anak yatim sehingga mengibaratkan kemuliyaan Beliau dan anak yatim dengan dua jari tengah. Berangkat dari Perintah ini Salah satu Program Kerja Pengurus Ranting Nahdlatul ‘ulama (NU) Kampung Bogatama dalam memperingati Tahun Baru Hijriyah adalah Berbagi kebahagiaan, moment pergantian tahun dalam islam atau yang dikenal dengan Yaumil ‘Asyuro”menjadi agenda rutin tahunan untuk menyantuni anak yatim yang ada dikampung Bogatama. Kegiatan santunan Yatim dan Yatim Piatu ini menjadi program kerja tahunan dilaksanakan setiap tanggal 10 Muharram. Namun untuk tahun 1440 H ini santunan diselenggarakan bersamaan dengan moment penyambutan Jama’ah Haji yang baru kembali dari Tanah Suci, meskipun diluar agenda rutin dan dilaksakan secara mendadak namun program ini berjalan lancar dan sukses.

Kepala Kampung Bogatama ADI PRAMONO Bersama Jama’ah Haji dan Jajaran Ta’mir Masjid Baitur Rahman( Dokumen desa.id Oleh Kang Mamat)

Dengan perencanaan yang serba mendadak tahun ini Panitia Santunan Yatim dan Yatim Piatu yang dikomando oleh Pengurus Ranting NU Kampung Bogatama menyantuni sejumlah 20 anak yang berasal dari 5 Suku yang ada dikampung Bogatama, setiap anak mendapatkan 2 amplop 1 dari panitia santunan dan 1 lagi dari individu yang tidak mau disebutkan namanya. Panitia santunan sendiri tahun ini berhasil mengumpulkan dana sejumlah Rp. 41.050.000,- (Empat Puluh Satu Juta Lima Puluh Ribu Rupiah. bersumber dari patungan masyarakat kampung Bogatama yang dikoordinir melalui Jama’ah yasin dan sebagian dari pribadi yang ingin memberikan langsung. Dari dana tersebut dibagikan kepada 20 anak yatim dan yatim piatu sehingga per anak dapat 1 amplop dari panitia santunan dengan nominal sebesar Rp. 2.052.500,-( Dua Juta Lima Puluh Dua Ribu Lima Ratus Rupiah). Hasil ini merupakan terbesar selama diadakannya acara santunan tanggal 10 Muharram.

Kepala Kampung Bogatama ADI PRAMONO sedang memberikan Amplop santunan dari Panitia didampingiTa’mir Masjid Baitur Rahman( Dokumen desa.id Oleh Kang Mamat)


Jama’ah Muslimat Kampung Bogatama sedang menyalami anak anak yatim dan yatim piatu ( Dokumen desa.id Oleh Kang Mamat)

Kegiatan santunan anak yatim dan yatim piatu dikampung Bogatama selain diadakan setiap tanggal 10 Muharram juga diadaka setiap menjelang hari Raya Idul Fitri, bahkan acara santunan yang diadakan menjelang hari raya idul fitri selain menyantuni anak yatim dan yatim piatu juga bagi kaum Dhu’afa, Fakir miskin dan warga masyarakat ekonomi lemah. Hal ini dimaksudkan agar rasa kepedulian terhadap sesama dapat lestari dan bagi yang mendapatkan santunan merasa bahwa hidup tidak sendirian. Semoga dengan kegiatan ini warga Kampung Bogatama semakin tumbuh kesadaran untuk berbagi dengan sesama dan Kampung Bogatama menjadi Kampung yang “Baldatun Thoyyibatun Warabbun Ghafur dalam naungan Ridlo Allah SWT (Tuhan Yang Maha Kuasa)”. (Kang Mamat).

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan