Ngaji bareng Ky. Purnomo Sidiq dari Pekalongan

Ky. Purnomo Sidiq dalam acara Pengajian Ranting NU Bogatama di halaman masjid Baitul Muttaqin Kampung Bogatama. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Bogatama.desa.id |29|09|2018 Upaya untuk membina dan membentuk masyarakat yang madani serta taat menjalankan syari’at ajaran agama dalam kehidupan sehari – hari diantaranya dengan seringnya berkumpul, bersilaturrahmi sambil belajar bersama memahami ajaran agama yang dianutnya. Kegiatan ini merupakan bagian dari sederetan kegiatan yang sudah dirancang dan dilaksanakan oleh Pemerintah Kampung Bogatama, sehingga tidak heran jika kegiatan ini menjadi skala perioritas pembangunan mental spiritual yang menjadi andalan Pemerintah Kampung.

Bersama belajar memahami konsep hidup beragama dimasyarakat merupakan hal yang tidak bisa dianggap sepele, karena masyarakat yang taat dan patuh terhadap ajaran agama akan mencerminkan kehidupan damai dan saling menghargai tanpa memandang rendah masyarakat lain, hal ini yang menjadi konsep pembelajaran dalam acara ngaji bareng.

Kepala Kampung Bogatama ADI PRAMONO sedang memberikan sambutan dalam acara pengajian dimasjid Baitul Muttaqin. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Kegiatan ini yang menjadi sarana Pemerintah Kampung Bogatama untuk membina mental spiritual warga, dalam sambutan yang disampaikan, Kepala Kampung Bogatama menghimbau kepada masyarakat terutama aparatur kampung agar bersama peduli terhadap kegiatan ngaji bareng yang bisa dimanfaatkan untuk silaturrahmi dan belajar bersama. Kapala Kampung Juga meminta kepada masyarakat terutama aparat kampung untuk selalu waspada dengan kegiatan merusak mental generasi penerus, diantaranya jangan segan segan melaporkan kepada pemerintah kampung apabila ditemukan masyarakat kampung Bogatama masih ada yang menjual minuman keras, karena minuman keras sering menjadi sumber masalah yang terjadi dikampung Bogatama juga menjadikan generasi kehilangan masa depan.

Panitia pengajian sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Baitut Taqwa memberikan apresiasinya kepada Pemerintah Kampung yang peduli dengan kegiatan pengajian. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Sambutan yang disampaikan kepala kampung mendapat respon positif dari kalangan tokoh agama, mengingat selama ini masih banyak ditemukan masyarakat Kampung Bogatama yang menjual minuman keras secara sembunyi – sembunyi. Dengan adanya himbauan ini maka para tokoh masyarakat mengapresiasi langkah pemerintah dalam rangka mengurangi kemaksiatan yang ada di Kampung Bogatama. Begitupun Pengasuh Pondok Pesantren Baitut Taqwa juga mengucapkan terimakasih atas peran serta kepala kampung dalam rangka melestarikan kegiatan pengajian yang dilaksanakan oleh panitia.

Muslimat Kampung Bogatama memimpin Sholawat Nabi, menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Ya’lal Wathan dalam acara pengajian (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Nagji bareng Ky. Purnomo Sidiq yang di adakan di Masjid Baitul Muttaqin dilingkungan Pon-Pes Baitut Taqwa ini berjalan sukses, mulai dari perencanaan sampai dengan akhir kegiatan, dalam acara ini juga tidak lupa panitia dalam menyusun acara menyisipkan acara menyanyikan lagu wajib nasional Indonesia Raya dan Ya’lal Wathan untuk membangkitkan semangat kebangsaan bagi para hadirin yang dipimpin oleh group Koor Muslimat Kampung Bogatama. Pelajaran berharga yang dapat dipetik dari acara ngaji bareng ini antara lain :

  • Jangan mudah menyalahkan orang yang tidak sepaham dengan kita,apalagi dengan mengkafir – kafirkan orang yang jelas jelas beragama Islam
  • Selalu menghargai orang yang beda pandangan dengan kita baik dari segi ibadah maupun mu’amalah dengan meneladani para Wali Songo yang selalu santun dalam berdakwah
  • Banyak – banyak belajar dengan sejarah pewayangan yang diwariskan oleh para Wali Songo agar hidup menjadi tenteram
  • Selalu berbuat baik kepada kedua orang tua / guru dan tidak melupakannya, senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan dengan meneladani lakon Pandawa Lima dalam sejarah Pewayangan
  • sebagian pengunjung kegiatan ngaji bareng sedang mendengarkan tausiyah (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

    Kegiatan ngaji bareng ini dihadiri pula oleh Pengurus MWC NU, Kepala Kampung Wiratama, Para tokoh dan Kiyai, Pengurus Ansor Kecamatan Gedung AJi Baru yang juga menjadi Calon Anggota DPRD Kabupaten Tulang Bawang dalam Pemilihan Umum tahun 2019, dan masyarakat Kampung Bogatama.(Kang Mamat)

    Facebook Comments

    Jadi yang Pertama Berkomentar

    Tinggalkan Balasan