Paparan Program Kerja KUA Penawartama Pada Rakorcam Penawartama

Jajaran Uspika Kecamatan Penawartama. (doc.Ansori)

Bogatama.desa.id ( 06/09/2018). Rapat Koordinasi (RAKOR) adalah sarana bersilaturrahmi sekaligus tempat untuk menyampaikan Program Kerja kelembagaan bagi instansi Pemerintah maupun swasta, melalui Rakor masing masing lembaga yang hadir diberi kesempatan yang sama untuk menyampaikan gagasan dan program kerja lembaga/instansi yang dipimpinnya. Melalui Rakor inilah kerjasama antar lembaga dapat bersinergi dalam menuntaskan pekerjaan rumah masing – masing, tidak jarang antar lembaga yang ada dalam Pemerintahan mempunyai program yang sama atau saling melengkapi.

Penanda Tanganan Program Kerja Dinas Kesehatan.(doc.Ansori)

Salah satu contoh Program Kerja yang disampaikan oleh Kepala Urusan Agama (KUA) Penawartama, ada sebagian program kerjanya sinergi dengan program kerja Balai Penyuluh Pertanian (BPP), Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( DISDUKCAPIL). Hal ini mengapa Rapat Koordinasi selalu digelar dengan menghadirkan Pimpinan Lembaga atau Instansi, tak terkecuali hari ini Kamis 06 September 2018 Unsur Pimpinan Kecamatan Penawartama (USPIKA) menggelar kegiatan rutin Rapat koordinasi yang ditempatkan di Puskesmas Sidoharjo.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Penawartama Sedang Memaparkan Jadawal dan Program Kerja.(doc.Ansori)

Dalam Rakor yang dihadiri oleh seluruh Unsur Pimpinan Kecamatan itu Kepala Kantor urusan Agama Kecamatan Penawartama memaparkan jadwal dan program kerja lembaganya dihadapan para peserta, diantara Program Kerja KUA Kec.Penawartama sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala KUA (Ansori, S.Ag) adalah sebagai berikut:

  1. Perubah jadwal Kursus Calon Pengantin (Suscatin) yang semula hari senin dirubah menjadi setiap hari selasa;
  2. Pendaftaran nikah ke KUA 15 hari kerja sebelum akad nikah;
  3. Setiap pasangan catin membawa 1 bibit tanaman buah atau pohon taman;
  4.  Surat keterangan domisili tidak berlaku lagi untuk syarat nikah, setiap Calon Pengantin wajib mempunyai KTP- Elektronik atau minimal Surat Keterangan (SUKET) yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL);
  5. Pengukuran arah kiblat. Bagi panitia masjid atau mushola yang ingin mengukur ulang bs menghubungi KUA atau Kantor Kementrian Agama (KEMENAG) Tulang Bawang.

Pemaparan program Kerja Dinas Pendidikan.(doc.Ansori)

Pemaparan Program Kerja BPP.(doc.Ansori)

Dari 5 poin yang disampaikan oleh Kepala KUA Poin 3 selaras dengan Program Kerja BPP yang selalu mengupayakan program penghijauan dengan menanam pohon, juga pada Poin 4 selaras dengan program pemerintah berkenaan dengan pendataan penduduk yang mewajibkan setiap warga yang sudah berumur 17 tahun atau lebih wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-e). Sedangkan Program Kerja yang berkaitan dengan Dinas Pendidikan adalah berkenaan dengan masalah menentukan arah kiblat bagi warga Muslim, karena dengan program ini dalam membangun sarana ibadah disekolah dapat ditinjau kembali apakah arah kiblat tempat ibadahnya sudah memenuhi syarat terutama tempat ibadah yang ada dilingkungan sekolah?.

(Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan