Peserta Didik SDN 01 dan SMK Kosgoro Bogatama Pada HAORNAS

Bogatama memulai Kegiatan Jalan Sehat(Dokumen desa.id Oleh Oki.M)

Bogatama.desa.id Moment Hari Olah Raga Nasional yang jatuh pada tanggal 09 September 2018 dimanfaatkan oleh para guru dan siswa untuk jalan sehat, jalan sehat ini dimaksudkan dalam upaya menuju sehat jasmani bagi warga sekolah, jalan sehat ini juga menjadi hiburan tersendiri bagi peserta didik, peserta didik dapat merasakan alam terbuka dan menghirup udara segar dialam bebas sehingga dapat menghilangkan kepenatan setelah belajar didalam ruangan.

Setelah melakukan perjalanan kurnag lebih 2 KM para peserta didik dengan dipandu para guru melanjutkan acara kumpul bersama diarea bendungan Way Siwa satu satunya bendungan yang dimiliki oleh Kampung Bogatama dan merupakan bendungan terpanjang dan terluas di Kecamatan Penawartama dan sekitarnya, meskipun kondisi tempat itu saat ini kurang terawat namun antusias para peserta didik dan guru tidak menurun, karena dibendungan menyajikan alam yang hijau dan asri serta udara yang masih alami.

Peserta Didik SMK Kosgoro Bogatama sedang fhoto bersama mengambil pemandangan bendungan way siwa. (Dokumen desa.id Oleh Oki.M)

Selama berada di area bendungan para peserta didik terutama yang masih SD oleh guru diberi bimbingan Exstra Kurikuler mengenal lingkungan alam, diseputaran bendungan Way Siwa masih banyak tumbuhan dan hayati yang belum banyak diketahui oleh peserta didik. Sambil duduk bersama teman teman sejawatnya para peserta didik mebuka perbekalan yang sudah disiapkan dari rumah oleh masing – masing, sehingga keakraban sesama peserta didik sangat terasa, Ini sejalan dengan Motto “Olaha Raga Mempersatukan Bangsa”.

Dalam konsep Kurikulum Pendidikan Nasional yang saat ini sudah diterapkan disekolah dengan istilah Kurikulum 2013 penyenpurnaa seorang guru bukan lagi sebagai satu – satunya sumber belajar, tetapi guru menurut Kurikulum 2013 tersebut berfungsi sebagai Organisator dan teman belajar bagi peserta didik. Guru dapat mengajak peserta didik bermain dialam bebas sesuai dengan materi pelajaran yang disampaikan pada saat itu dalam arti misalnya materi tentang tumbuhan maka pembelajaran dapat dilakukan diluar ruangan dengan memanfaatkan fasilitas yang ada disekitar temapat belajar.

Peserta Didik SDN 01 dan SMK Kosgoro Bogatama sedang membuka perbekalan sambil belajar (Dokumen desa.id Oleh Oki.M)

Selain dalam rangka memperingati Hari Olah Raga Nasional (HAORNAS) kegiatan ini dimaksudkan untuk mempraktikkan sistem pembelajaran langsung diobyeknya yang untuk saat ini merupaka media pembelajaran yang paling efektif dan mudah untuk menjadikan peserta didik paham dengan tujuan pembelajaran, untuk itu kegiatan pembelajaran langsung ditempat obyek berada perlu di galakkan agar peserta didik tidak merasa bosan dalam memahami materi pembelajaran dibangku sekolah.(Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan