Dengan dana desa pembangunan kampung Bogatama terus berlanjut

Pemasangan batu belah untuk talud pembuangan air depan Puskesmas sepanjang 20 meter. ( Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Bogatama.desa.id Sesuai dengan Permenkeu PMK 225/PMK.07/2017 Tahapan pencairan dana desa (DD) tahun 2018 adalah 20 %, 40 %, 40 %, berdasarkan hal tersebut sampai dengan saat ini dana desa yang sudah ditransfer ke rekening desa melalui Rekening Umum Daerah (RKUD) sudah mencapai 60 %, yaitu tahap I sebesar 20 % dan Tahap II sebesar 40 %. Dana yang sudah ditransfer kerekening desa yang berjumlah 60 % itu sampai dengan saat ini sudah di realisasikan oleh pemerintah desa, termasuk Kampung Bogatama serapan dana yang berjumlah 60 % dari dana desa sudah direalisasikan sesuai dengan Rencana Anggaran Pendapat dan Belanja Kampung (RAPBK) meliputi Bidang 1 sd bidang 4.

Talud pembuangan air depan Puskesmas sepanjang 20 Meter. (Dokumen desa.id Fhoto By.Kang Mamat)

Untuk bidang 2 (Pembangunan) Pemerintah Kampung Bogatama telah merealisasikan dan desa untuk pembangunan jembatan di suku 5 dengan ukuran 2 x 3 x 16 Meter sebanyak 1 unit, Pembangunan Gorong – gorong dalam kampung dengan ukuran 60 x 40 x 6 M sebanyak 7 Unit dan pembangunan drainase dan talud penahan tanah di depan balai kampung dan lapangan Sepak Bola lebih kurang 150 x 4 Meter yang sampai saat ini masih sedang dalam pengerjaan. Meskipun dana desa tahap 3 belum ditransfer ke rekening desa (belum cair) namun pembangunan dikampung Bogatama tetap berjalan, mengingat pembangunan drainase itu hanya bisa dilakukan tatkala musim kemarau, karena jika musih penghujan saluran pembuangan air dari depan puskesmas cukup deras, sehingga pekerjaannya tidak bisa dilakukan saat musim penghujan.

Proses meratakan tanah timbun di depan puskesmas (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Selain melanjutkan pemasangan batu belah saluran pembuangan air, saat ini Pemerintah kampung Bogatama juga meratakan tanah timbun yang yang belum sempat dikerjakan saat pekerjaan penimbunan dilakukan, karena waktu yang membatasi. Sambil menunggu dana desa tahap III di transfer kerekening desa pemerintah Kampung Bogatama tetap malanjutkan proses pembangunan yang sudah mencapai 60 % lebih, hal ini tidak lain karena musim penghujan akan segera datang dan tidak lama lagi kampung Bogatama akan memperingati HUT Kampung yang ke 33 pada bulan Januri 2019.

Tanah timbun yang masih menumpuk dan dalam proses diratakan. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat).

Dalam ungkapan bahasa jawa sering kita dengar orang tua kita mengatakan “Alon – Asal Kelakon, Gremet – gremet seng penting slamet” ( Pelan – pelan asal tercapai, merambat lambat asal selamat) istilah ini sangat cocok untuk ungkapan yang saat ini sedang dilakukan oleh pemerintah kampung Bogatama. (Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan