The power of emak – emak dalam kegiatan jum’at bersih

Ketua MWC NU Penawartama hadir meninjau calon lokasi kegiatan lomba.(Dokumen desa.id Oleh Kang Mamat)

Bogatama.desa.id Pemandangan yang tidak seperti biasa hari Jum’at 21 September 2018 terlihat disekitar Balai Kampung Bogatama, tanpa berkoordinasi tiba – tiba para ibu – ibu hadir di balai kampung dan melaksanakan bersih bersih lingkungan balai kampung mulai dari halaman depan ruang kantor, seputar Musholla, sekitar sumur, bahkan sampai panggung utama yang ada di dalam aula balai kampung. Usut punya usut dari penggerak ibu – ibu yang hadir ternyata mereka mempersiapkan diri dalam rangka menyambut Lomba Muslimat tingkat kecamatan Penawartama yang rencana akan digelar hari Minggu, 23 September 2018.

Koordinator kegiatan Muti’ah saat dihubungi tentang kegiatan ini mengatakan,” Ini kan lomba tingkat Kecamatan, kalau sampai peserta datang kondisi seputar Balai Kampung kotor ya kita – kita malu dong, makanya hari ini tanpa disuruh saya menggerakkan ibu – ibu untuk membersihkan balai kampung, selain untuk kegiatan hari Minggu besok kalau balai kampung bersih kan kita sendiri yang merasa nyaman, tapi ya tolong bantu kami juga” katanya.

Ibu -ibu sedang membersihkan lingkungan sekitar MCK, Sumur dan sekitar Musholla Balai Kampung. ( Dokumen desa.id Oleh Kang Mamat)

Kegiatan Jum’at bersih yang dilakukan oleh ibu – ibu ini membuktikan bahwa peran serta perempuan dalam membangun kampung tidak bisa dianggap enteng, dalam istilah bahasa sekarang The Power of Emak – emak sangat diperlukan. Setiap kali melihat kondisi lingkungan balai kampung kotor ibu – ibu yang dikomando oleh ibu Muti’ah turun tangan membersihkannya, tidak heran jika lingkungan balai kampung selalu terlihat bersih dan membuat warga yang ada keperluan administrasi berlama – lama dikantor balai kampung. Bahkan tidak jarang mereka datang hanya untuk sekedar bercengkerama dengan para staf kampung yang setia dan stand by di kantor memberikan pelayanan.

Ibu – ibu dipandu ibu Muti’ah sedang membersihkan kaca jendela dan panggung utama balai pertemuan.(Dokumen desa.id Oleh Kang Mamat)

Kegiatan lomba Muslimat se-Kecamatan Penawartama yang akan digelar hari Minggu besok menurut rencana akan ada 2 cabang lomba, yaitu lomba qasidah rebana dan Lomba Cerdas Cermat (LCC). Penempatan lokasi lomba dibagi menjadi 2 tempat pula, untuk lomba qasidah rebana di adakan dibalai kampung dengan menggunakan panggung yang ada di aula utama,dan untuk lomba cerdas cermat dilaksanakan di depan kantor Majlis Wakil Cabang ( MWC) NU penawartama dengan memasang tenda didepan kantor.

Pemasangan tenda didepan kantor MWC NU untuk cabang lomba muslimat Penawartama cabang LCC. ( Dokumen desa.id Oleh Kang Mamat)

Program Jum’at bersih diinternal kampung Bogatama memang sudah menjadi agenda rutin bagi warga masyarakatnya, setiap hari Jum’at masyarakat dengan kesadaran sendiri membersihkan lingkungan terutama disekitar tempat tinggal, bagi Apartur Kampung telah disepakati setiap hari Jum’at sebelum memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat terlebih dahulu harus membersihkan lingkungan kantor.

(Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan