Melalui dana desa pemerintah kampung bogatama kembali membangun 1 unit gorong-gorong

Proses galian pembangunan gorong - gorong ukuran 0,60 x 0.60 x 6 meter dijalan Raung/Rinjani. (Dokumen desa.id Fhoto By. Iswanto)

Bogatama.desa.id |23|10|2018 Proses pelaksanaan pembangunan fasilitas umum yang ada di Kampung Bogatama masih tetap berjalan, kali ini pembangunan 1 unit gorong – gorong yang terletak di Jalan Raung/ Rinjani Rk.004 Rt.004. Gorong – gorong berukuran 060 x 0,60 x 6 Meter saat ini telah dimulai proses pembangunannya. Proses pembangunan gorong – gorong ditempat ini dikerjakan oleh masyarakat yang berdomisili di lingkungan tersebut dengan sistem padat karya, artinya pembangunan dilakukan oleh masyarakat setempat dan di bayar sebesar 30% dari dana total anggaran pembangunan gorong – gorong tersebut.

Tenaga kerja yang dipilih untuk melaksanakan pembangunan gorong – gorong diambil dari warga masyarakat setempat yang kurang mampu dalam segi ekonomi, hal ini dimaksudkan agar masyarakat yang kurang mampu dari segi ekonomi bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan bekerja ditempat tersebut. Pola ini mengacu pada petunjuk tekhnis pelaksanaan penggunaan dana desa yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia, Beliau selalu menyampaikan agar dalam proses pekerjaan yang menggunakan anggaran dari Dana Desa agar pelaksanaannya dikerjakan dengan sistem padat karya.

Para pekerja sedang mengukur lebar dan kedalaman galian yang akan dibangun gorong – gorong. (Dokumen desa.id Fhoto By. Iswanto)

Dengan dimulainya pembangunan gorong – gorong dijalan Raung/Rinjani ini berarti pada pencairan Dana Desa tahap 3 sudah diwujudkan dengan membangun 2 Unit gorong – gorong. Dipilihnya tempat pembangunan gorong -gorong dijalan Raung/Rinjani karena gorong – gorong lama yang telah ada mengalami kerusakan sangat parah, kondisi gorong – gorong lama amblas sehingga menutup saluran air dan saat musim hujan air dalam parit membludak ke badan jalan dan menyebabkan jalan menjadi rusak.

Jalan Raung/Rinjani saat ini merupakan akses utama bagi warga yang berdomisili di lingkungan itu dan merupakan jalur alternatif bagi warga Kampung Pulo Gadung disaat ingin pergi bekunjung ke Kampung Bogatama dan begitu juga sebaliknya, sehingga pembangunan ditempat itu dijadikan skala perioritas oleh Pemerintah Kampung. Selain itu jalan Raung/Rinjani yang saat ini sudah di pasang underlagh terlihat rusak disebabkan air hujan yang meluber kejalan tersebut.

Proses menganyam besi cor yang akan digunakan untuk pengecoran lantai gorong – gorong. (Dokumen desa.id Fhoto By. Iswanto)

Harapan Pemerintah setelah dibangun gorong – gorong baru yang tepat berada di pertigaan jalan Raung/Rinjani Rk.4 Rt.4 kondisi jalan yang ada dilingkungan itu menjadi baik kembali, selain itu akses bagi warga yang ingin bepergian melalui jalan itu tidak mengalami kesulitan, Pemerintah Kampug juga berharap setelah dibangun gorong – gorong baru itu masyarakat dapat merawat lingkungan dengan maksimal secara bergotong – royong, baik akses jalan terlbih parit yang ada disisi kiri dan kanan jalan jangan sampai dibiarkan semak. (Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan