Gotong royong luar biasa dilingkungan rw.001 kampung bogatama

Proses pemasangan benang nyilon sebagai acuan pemasangan keramik dinding. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Bogatama.desa.id |06|10|2018| Kegiatan gotong royong yang dilakukan oleh masyarakat pada umumnya dilaksanakan pada pagi sampai dengan siang atau sore hari, namun kali ini berbeda dengan gotong royong biasa, masyarakat lingkungan suku 001 kampung Bogatama melaksanakan gotong royong pada malam sampai dengan dini hari. Demi kenyamanan dalam sholat berjama’ah ketua Rt.001 dan Rt.002 dilingkungan suku 001 mengajak masyarakat untuk memasang keramik dinding musholla pada malam hari, kegiatan ini dimulai pukul 19.30 WIB ba’da Sholat ‘Isya’ dan istirahat pada pukul 01.15 WIB dini hari.

Dilaksanakannya gotong royong memasang keramik dinding musholla pada malam hari ini karena pada umumnya masyarakat dilingkungan suku 001 saat siang hari digunakan untuk mencari nafkah (bekerja) memenuhi kebutuhan. Meskipun dilakukan malam hari namun semangat mereka layak diacungi jempol dan diteladani, karena dengan suka rela mereka hadir dan bekerja demi rampungnya pemasangan keramik dinding musholla tersebut.

Dengan penuh semangat Ustadz Syamsudinmembuat adonan semen dan pasir untuk pemasangan keramik. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Meskipun orang yang ikut gotong royong tidak begitu banyak tetapi tidak lantas menjadikan mereka patah semangat, meraka yang hadir merupakan orang – orang yang terbilang aktif mengisi kegiatan dimusholla, mulai dari sholat berjama’ah, khataman alqur’an sebulan sekali dan kegiatan lain yang ada. Keramik dinding yang dipasang ditembok depan ini dimaksudkan untuk mengurangi suhu udara, karena setiap sore dinding muka sebelah barat memancarkan suhu panas akibat dari sinar matahari sore yang menyinari, sehingga sampai dengan waktu magrib suhu panas udara pada dinding sebalah barat ini sangat terasa bagi jama’ah yang berada dishof (barisan) depan.

Proses pemasangan keramil dinding oleh Bapak Trubus Wiyono selaku penggerak program. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Kegiatan pemasangan keramik dinding ini akan dilakukan setiap malam, dimulai malam hari ini sampai dengan selesai. Sejumlah 25 Kotak keramik untuk dinding sebelah barat dengan ukuran 7 x 3 meter sudah dipersiapkan berikut 3 sak semen dan lainnya, diperkirakan pemasangan 25 kotak keramik ini akan selesai dalam waktu 3 malam, selanjutnya akan ditambah lagi 12 kotak untuk bagian tempat imam sholat, sehingga jumlah total kebutuhan keramik 35 kotak.

Tampak saudara sulthoni sedang menjadi helper adonan untuk memasang keramik dinding. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Sumber dana untuk pembelian keramik, semen, dan perlengkapan lainnya merupakan swadaya murni masyarakat lingkungan Rt.001 dan Rt.002 yang dilakukan setiap malam jum’at, pada saat kegiatan yasinan dilingkungan ini para jama’ah membawa infaq seikhlasnya untuk kepentingan lingkungan, terutama untuk perawatan musholla seperti membayar listrik dan lain – lain. Ada pula sumbangan yang berasal dari salah satu jama’ah sehingga program pemasangan keramik dinding dapat terealisasi.


Saudara Hasyim sedang berdiskusi saat memasang keramik. Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Melihat semangat gotong royong walaupun malam hari, kita semua berharap semoga kegiatan gotong royong luar biasa dilingkungan suku 001 ini menjadi motifasi untuk semua warga kampung Bogatama, tetapi bukan hanya memperperindah tempat ibadahnya saja, melainkan juga ditingkatkan dalam pemanfaatan fasilitasnya untuk meningkatkan ibadah terutama sholat berjama’ah. (Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan