Group sholawat campur sari al-munajat untuk melestarikan budaya jawa

Group Sholawat Campu Sari Al - Munajat saat mengiringi Pengajian Akbar bersama KH. Sholihin Yusuf dari Surabaya Jawa Timur di Ponpes Baitut Taqwa. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Bogatama.desa.id |29|10|2018 Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan Negara yang berlandaskan Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945, membentang dari Sabang sampai Merauke terdapat ribuan pulau yang dihuni oleh beraneka ragam suku, masing – masing suku mempunyai budaya yang berbeda – beda, terbingkai dalam “Bhineka Tunggal Ika” masing – masing suku yang ada di NKRI bersatu bersama membangun NKRI sesuai budaya yang ada dan tidak saling merendahkan satu dengan yang lain, mereka saling menghargai dan menghormati.

Dari sekian ribu suku yang terdapat di NKRI paling banyak mendominasi adalah suku Jawa, hampir disetiap pulau di NKRI suku jawa selalu ada dan bisa hidup berdampingan dengan damai bersama suku asli daerah setempat. Tidak terkecuali di daerah Lampung khususnya di Kampung Bogatama Kecamatan Pemawartama Kabupaten Tulang Bawang, meskipun terletak di ujung timur Provinsi Lampung masyarakat disini bisa dikatakan 98 % adalah suku jawa. Dalam catatan sejarah suku Jawa merupakan suku yang paling banyak mempunyai budaya, termasuk budaya yang ada merupakan warisan leluhur yang sampai saat ini masih kental dan disenangi oleh masyarakat, seperti kesenian wayang kulit, kesenian Campur Sari, Kuda Lumping, Ludruk dan lain – lain.

Group Sholawat Al – Munajat saat mengiringi Pengajian Akbar bersama Ky. Purnomo Sidiq dari Pekalongan Lampung timur di Divisi V/VI PT. SIP. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Dalam upaya melestarikan budaya yang diwariskan oleh pendahulu bangsa dikampung Bogatama telah berdiri Group Sholawat dengan Iringan musik Campur Sari, dibawah asuhan Bapak Widodo Group Sholawat ini diberi nama Al – Munajat dan saat ini telah banyak dikenal oleh masyarakat, bukan hanya di lingkup Kampung Bogatama tetapi dikenal oleh masyarakat yang ada dikecamatan sekitarnya. Group Sholawat ini dirintis diawal tahun 2015 dengan anggota masyarakat Air Merah RK. 005 berjumlah lebih kurang 25 Orang.

Melihat antusias masyarakat khususnya Kampung Bogatama, dan seringnya Group Sholawat Al – Munajat mendapat undangan keluar Kampung, maka Pemerintah Kampung Bogatama berupaya memberikan dukungan dan motifasi kepada anggota, dukungan yang telah diberikan oleh Kepala Kampung Adi Pramono kepada Group Sholawat ini dengan membelikan seragam untuk semua anggota, hal ini dilakukan supaya group Sholawat Al – Munajat bisa tampil lebih baik dan terlihat semakin kompak.

Group Sholawat Al – Munajat saat tampil di kediaman Bapak Joko Warkonco Sidomukti H.2 dalam rangka Walimatul Maulid (Kelahiran). (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Group Sholawat Al-Munajat dibawah asuhan Bapak Widodo sering menerima panggilan untuk mengisi acara walimah (Pesta) baik Walimatul Khitan, Walimatul Maulid, Walimatul Nikah maupun tasyakuran . Group sholawat inipun sering menerima undangan untuk mengisi hiburan bagi masyarakat yang mengadakan Hajatan besar dengan lantunan lagu Sholawat, dengan menampilkan seni sholawat campur sari ternyata banyak orang yang menyukai Goup ini. Bagi anda yang ingin mengundang Group ini bisa langsung datang ke Air Merah Kampung Bogatama atau dengan menghubungi pengurus di nomor HP. 085273674191 an. Widodo, atau 081272855575 an. Sulaiman.
(Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan