Indahnya pemandangan dari atas jembatan kampung bumi dipasena abadi yang dibangun dengan swadaya masyarakat

Hamparan sungai buatan (kanal) di kampung Bumi Dipasena Abadi tampak dari atas jembatan. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Bogatama.desa.id |11|10|2018 Pemandangan alam yang ada disekitar kita tanpa kita sadari ternyata memiliki keindahan yang tidak kalah bagusnya dengan destinasi wisata yang kita tahu selama ini. Seperti contoh pemandangan yang ada dikampung Bumi Dipasena Abadi saat sore hari, nampak hamparan sungai buatan (kanal) yang memanjang terlihat indah tatkala kita berada diatas ketinggian, ini dapat kami rasakan saat sore hari setelah menjalani aktifitas pelatihan sideka di Kecamatan Rawa Jitu Timur.

Mendampingi Pandu desa Dana Putra Yuda sebagai nara sumber tunggal pada pelatihan sideka bagi aparatur kampung se-Kecamatan Rawa Jitu Timur seharian sambil belajar ternyata cukup memakan energi, rasa lelah dan letih pun tak dapat dipungkiri, delam kondisi lelah ternyata pandu desa Dana Putra Yuda mengajak kami jalan – jala menikmati pemandangan alam dari atas jembatan yang ada di Kampung Bumi Dipasena Abadi. Rasa lelah dan letih seakan sirna setelah berada diatas jembatan dengan pemandangan alam yang dimiliki kampung tersebut.

Pandu desa Nasional bersama admin sideka dan aparatur kampung Bumi dipasena Abadi. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Bersama Aparatur Kampung dan Operator Sideka kampung Bumi Dipasena Abadi kami menikmati pemandangan alam yang ada sambil berdiskusi tentang pembangunan jembatan yang begitu tinggi besar dan kokoh, ternyata pembangunan jembatan tersebut merupakan swadaya gotong royong warga kampung Bumi Dipasena Abadi. Kami pun berdecak kagum, pembangunan jembatan yang menelan anggaran lebih kurang 3 milyar 75 % sumber dananya merupakan swadaya masyarakat. Ternyata diujung Provinsi Lampung yang jarak tempuhnya memakan waktu tidak kurang 8 jam perjalanan darat kepedulian masyarakat akan pembangunan sarana prasarana umum dapat terwujud dengan swadaya.

=

Kebersamaan admin sideka Tri Darma Wira Jaya, Pandu Desa, Bumi Dipasena Abadi dan Bogatama usai pelatihan. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Kamipun perfikir seandainya setiap kampung masyarakatnya bersatu dan terus membudayakan gotong royong dan berswadaya untuk kampungnya, pembangunan sarana umum akan cepat terealisasi tanpa selalu mengandalkan bantuan dari Pemerintah pusat. sendi – sendi perekonomian akan berjalan dengan baik dan kesejahteraan bagi masyarakatnya akan meningkat karena sarana prasarana kampung yang sudah baik.

setalah melihat kenyataan yang ada dikampung Bumi Dipasena Abadi kami berharap budaya berswadaya dan bergotong royong kiranya dapat ditiru oleh masyarakat kampung Bogatama dan kampung – kampung lain, sehingga pembangunan sarana prasarana umum dapat segera terwujud. (Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

2 Comments

Tinggalkan Balasan