Kegiatan posyandu sebagai upaya menuju hidup sehat bagi masyarakat

Kegiatan Posyandu untuk Ibu Hamil dan pemberian Makanan Tambahan untuk menjaga kesehatan Kandungan oleh Bidan Desa setiap tanggal 18. (Dokumen desa.id Fhoto By. Dairoch)

Bogatama.desa.id |30|10|2018 Hidup sehat, aman, dan sejahtera merupakan dambaan setiap manusia. Terutama kesehatan, siapapun dia, apapun suku dan bangsanya, dimanapun dia berada untuk mencapai kebagiaan dalam hidup kesehatan merupakan harta yang paling berharga. Sebanyak apapun harta kita punya tanpa kesehatan mustahil dapat hidup bahagia, begitu mahalnya nilai kesehatan maka setiap kita wajib berusaha menerapkan hidup sehat.

Ibarat dalam pepatah “Sesal kemudian tiada guna,” maksudnya sebelum sakit menghampiri maka kita wajib berusah menjaga kesehatan sebaik mungkin, karena pada saat sakit datang penyesalan kita tiada artinya, dan harta yang kita punya seakan tiada berguna, sebagai bentuk usaha dalam menuju sehat untuk diri kita dan keluarga rutin mengikuti kegiatan posyandu merupakan langkah tepat selain pola hidup sehat dilingkungan baik keluarga maupun lingkungan Masyarakat.

Pelayanan Posyandu Lansia setiap tanggal 21 oleh Bidan Desa yang diikuti oleh warga yang sudah berusia lanjut. (Dokumen desa.id Fhoto By. Dairoch)

Diantara cara menuju hidup selalu sehat dapat dilakukan dengan berbagai macam kegiatan, sebagian kegiatan untuk menuju hidup sehat dapat dilakukan dengan menjaga pola makan secara teratur, berolah raga, cukup istirahat, dan lain – lain. Dalam upaya menuju sehat bagi masyarakat setiap bulan kader – kader posyandu dikampung Bogatama melaksanakan bhakti kesehatan yang terbagi menjadi beberapa kali kegiatan sesuai dengan kebutuhan dan tingkatannya, diantara beberapa kegiatan rutin yang dilakukan oleh kader posyandu di Kampung Bogatama adalah posyandu Balita, posyandu Ibu Hamil, dan posyandu khusus Lansia.

Kegiatan Posyandu khusus untuk Balita oleh Bidan Desa bersama kader posyandu yang telah terlatih. (Dokumen desa.id Fhoto By. Dairoch)

Kegaiatan pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang dilakukan oleh Bidan Desa Dairoch bersama Kader Posyandu dibagi menjadi 3 bagian, setiap tanggal 15 posyandu golongan umur bawah lima tahun (balita), setiap tanggal 18 golongan Ibu Hamil, dan setiap tanggal 21 golongan Lansia. Kegiatan Posyandu dibagi menjadi 3 bagian dimaksudkan agar dalam pelayanan kepada masyarakat dapat maksimal dan tidak ada antrian yang menyebabkan rasa jemu bagi peserta dalam mendapatkan pelayanan .

Salah satu contoh bentuk pelayanan kesehatan yang dilaksanakan saat kegiatan posyandu lansia. (Dokumen desa.id Fhoto By. Dairoch)

Posyandu merupakan upaya menuju bagi masyarakat secara umum, ini merupakan perhatian Pemerintah melalui Dinas Kesehatan agar masyarakat Indonesia dapat menikmati layanan dengan mudah sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Semoga kegiatan posyandu dapat membantu masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mudah, sehingga tujuan Pemerintah dibidang kesehatan dapat tercapai. (Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan