Babinkamtibmas melatih kedisiplinan dan tupoksi pada anggota linmas kampung bogatama

Brigpol Kusyuandani sedang melatih dasar dasar baris berbaris.(Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Bogatama.desa.id |22|10|2018 Disiplin dalam pekerjaan adalah modal pokok untuk meraih sukses, tanpa disiplin setiap pekerjaan pasti akan banyak menemui masalah, masalah yang ditimbulkanpun beragam, terkadang karena melanggar disiplin seseorang harus rela kehilangan hak kerja. Begitu pentingnya sebuah disiplin dalam melakukan perkerjaan membuat seseorang harus selalu berlatih tanpa henti dan tidak lelah untuk mencoba. Sikap disiplin terlebih dibidang keamanan menjadi kunci utama dalam melaksanakan tugas dan kewajiban, hal ini yang mendorong Bintara pembinanaan dan keamanan ketertiban masyarakat (Babinkamtibmas) Polsek Penawartama menganggap perlu melatih para petugas perlindungan Masyarakat (Linmas) Kampung Bogatama.

Brigpol Kusyuandani selaku Babinkamtibmas Kampung Bogatama dan Kampung Wiratama dibantu Bripda Winggo Wardana selaku Babinkamtibmas Kampung Pulo Gadung dan Kampung Wira Agung Sari pagi tadi melatih kedisiplinan untuk linmas Kampung Bogatama. Sebagai petugas dari kepolisian yang bertanggung jawab terhadap kampung binaan mereka merasa berkewajiban melatih dan memberikan arahan tentang tugas pokok dan fungsi seorang linmas dikampung, alhasil mayoritas linmas Kampung Bogatama kurang memahami tugas pokok dan fungsinya sebagai anggota linmas, oleh karenanya dengan bimbingan ini para anggota linmas Kampung Bogatama merasa bersyukur dan berterimakasih kepada Brigpol Kusyuandani selaku Babinkamtibmas .

Brigpol Kusyuandani sedang memberikan contoh sikap hormat yang benar. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Kegiatan pelatihan kedisiplinan ini diikuti oleh 6 orang anggota linmas dari 11 anggota linmas yang ada dikampung Bogatama, sebanyak 5 anggota berhalangan hadir mengikuti latihan dikarenakan sesuatu dan lain hal yang menjadikan mereka tidak bisa hadir, sehingga perlu adanya pelatihan tambahan agar yang ikut hari ini lebih paham dan yang belum ikut bisa mengikuti. karena kegiatan ini merupakan kegiatan wajib bagi anggota linmas, diakui atau tidak diakui seorang anggota linmas mempunyai tanggungjawab yang sangat besar terhadap ketertiban dan keaman dikampung, sehingga sangat perlu bagi anggota linmas mengetahui tupoksinya.

Materi pelatihan yang disampaikan oleh pelatih meliputi pelatihan dasar diinternal instansi Kepolisian yaitu tentang baris berbaris, seperti tata cara hormat, hadap kanan, hadap kiri, balik kanan dan lain – lain. Lebih kurang 2 jam dari jam 08.30 sampai dengan jam 10.30 para anggota linmas bersama Babinkamtibmas berlatih dihalaman Balai Kampung, meskipun waktu yang sedemikian singkat namun sebagai pengetahuan dasar untuk hari ini dianggap cukup, mengingat cuaca yang cukup terik dan kondisi anggota linmas yang sudah terlihat capek.

Brigpol Kusyuandani bersma Bripda Winggo Wardana sedang memberikan materi dasar dalam baris berbaris. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Kegiatan pelatihan selanjutnya diadakan didalam ruangan aula Balai Kampung dengan materi tentang tugas pokok dan fungsi sebagai linmas, dalam arahannya Brigpol Kusyuandani memberikan pemahaman tentang tugas dan kewajiban menjadi anggota linmas, bahwa linmas bukan hanya cukup memakai seragam saat acara tertentu, atau hanya sekedar mengomando tentang poskamling saja, tetapi sebagai seorang anggota linmas harus selalu waspada dan selalu mengingatkan masyarakat apabila ada indikasi masyarakat melanggar aturan kapanpun dan dimanapun, terlabih saat ada acara keramaian jangan segan segan sebagai anggota linmas mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga kondisi agar tetap aman.


Brigpol Kusyuandani sedang memberikan materi tentang tugas pokok dan fungsi seorang linmas. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Contoh – contoh yang disampaikan oleh Brigpol Kusyuandani terkait hal – hal yang melanggar aturan diantaranya tentang minuman keras, perjudian, dan porstitusi yang saat ini sering terjadi ditengah masyarakat. Sebagai seorang linmas wajib mengingatkan dan menegur siapapun yang melakukan tindakan semacam itu. Wujud kerjasama ini semoga menjadi sarana untuk menciptakan kondisi Kampung yang tertib aman dan damai sehingga tindakan yang melanggar hukum ditengah masyarakat tidak terjadi lagi. (Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan