Masyarakat dan aparatur kampung bogatama meratakan tanah timbun, karang taruna memperbaiki lapangan bola volly

Kaur Tata Usaha sedang meratakan tanah timbun bersama ketua suku dan Masyarakat. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Bogatama.desa.id |14|10|2018|Hari Minggu merupakan hari libur nasional, biasanya digunakan untuk beristirahat bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. Namun ini tidak berlaku bagi masyarakat dan aparatur Kampung Bogatama, hari Minggu sebagai hari libur oleh masyarakat dan aparatur kampung dimanfaatkan untuk sarana berkumpul dan silaturrahmi sembari melakukan kegiatan gotong royong.

Budaya bergotong royong yang menjadi warisan leluhur bangsa Indonesia diperkampungan sampai dengan saat ini merupakan kebiasaan rutin dimasyarakat untuk memperbaiki sarana prasarana umum. Dengan melaksanakan gotong royong sesama warga masyarakat bisa saling bertemu dan silaturrahmi sehingga kerukunan dan keharmonisan dapat terwujud.

Proses memindahkan dan meratakan tanah dari bahu jalan kepinggir lapangan. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Sarana untuk bersilaturrahmi hari Minggu karena dihari – hari yang lain mayoritas masyarakat sibuk dengan aktifitasnya masing – masing, sehingga sekedar untuk bercengkeramapun seakan tidak kebagian waktu. Gotong royong selain sebagai sarana silaturrahmi juga merupakan cerminan kehidupan masyarakat yang harmonis, ini dapat dilihat dari perilaku masyarakat yang terlihat selalu bercanda dan bersenda gurau sambil mengerjakan apa yang menjadi pekerjaan pokok.

Masyarakat Kampung Bogatama meratakan tanah timbun menggunakan alat manual, cangkul dan karung. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Hari Minggu ini 14 Oktober 2018 masyarakat bersama aparatur kampung bergotong royong meratakan tanah timbun disekitar lapangan sepak bola Kampung Bogatama. Tanah timbun yang menumpuk sejak hari selasa lalu dan belum sempat diratakan oleh pekerja hari ini di ratakan oleh mereka, karena untuk mengantisipasi saat musim hujan tiba tanah timbun itu sudah rata dan tidak mengganggu teranportasi.

Anggota Karang Taruna sedang menggali lubang untuk menancapkan tiang bambu untuk memasang jaring dilapangan bola volly (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Pada saat yang sama pemuda yang tergabung dalam Organisasi Pemuda (karang Taruna) juga mengadakan kegiatan gotong royong perbaikan sarana olah raga bola volly, mengingat pagar lapangan yang sudah tidak layak pakai hari ini oleh karang taruna diganti tiang bambu baru. Kegiatan Pemuda Karang Taruna memperbaiki pagar lapangan bola volly ini dalam upaya menggelar latihan rutin yang sempat terhenti beberapa waktu terkait pagar yang rusak.

Kerja keras anggota Karang Taruna dalam memperbaiki lapangan bola volly. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Latihan dikmaksud karena beberapa kali team bola volly Kampung Bogatama gagal mendapat juara dalam kompetisi, sehingga perbaikan sarana olah raga bola volly dilakukan untuk sarana latihan dan mengasah kemampuan menghadapi ajang kompetisi yang tidak lama lagi akan digelar dalam rangka HUT Kampung Bogatama ke 33. (Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan