Material untuk pembangunan 2 unit gorong – gorong telah direlisasikan

Pembongkaran material batu belah dijalan Dieng suku 001 rt. 001. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Bogatama.desa.id |17|10|2018 Pembangunan sarana prasarana umum yang telah dituangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKAM) oleh Pemerintah Kampung Bogatama yang bersumber dari Alokasi Dana Desa/Kampung (ADD/K) maupun Dana Desa/Kampung (DD/K) satu persatu telah direalisasikan, termasuk target pembangunan jembatan disuku 5 dan beberapa titik gorong – gorong sudah terwujud, kini Pemerintah Kampung Bogatama kembali melanjutkan pembangunan 2 unit gorong – gorong yang belum terealisai.

Sejumlah 2 titik gorong – gorong yang belum terealisasi tersebut terletak dijalan Dieng Suku 001 Rt.001 dan dijalan Raung/Rinjani suku 004 Rt.003, untuk merealisasikan pembangunan 2 gorong -gorong tersebut kemarin dan hari ini Pemerintah Kampung telah menurunkan material untuk pembangunan berupa pasir dan batu belah, kini kedua jenis meterial tersebut telah siap untuk di wujudkan menjadi gorong – gorong.

Proses Pembongkaran material batu belah dijalan dieng tampak dari belakang. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Jalan dalam Kampung yang terletak di suku 001 rt.001 yang merupakan jalan asli dari transmigrasi selama ini sangat kurang diperhatikan, sehingga beberapa waktu yang lalu jalan ini tidak bisa dilewati oleh kendaraan karena kondisi jalan yang rusak cukup parah. Kerusakan tersebut terjadi karena pembuangan air saat musim penghujan tidak lancar sehingga air tergenang di badan jalan dan akhirnya membuat jalan hancur dan berlubang – lubang menjadi seperti layaknya kubangan kerbau.

Beberapa waktu yang lalu Pemerintah Kampung Bogatama meminta bantuan kepada perusahaan melalui Kelompok Tani Plasma agar dapat membantu mengirimkan alat berat untuk meratakan kembali jalan tersebut, sehingga saat ini jalan tersebut telah dapat dilalui. Sebagai antisipasi saat musim penghujan yang sebentar lagi datang Jalan Dieng yang terletak di suku 001 rt.001 akan dibuat gorong – gorong dengan ukuran o,6 X 0,6 x 6 meter sebagai tempat pembuangan air dari jalan merbabu yang cukup deras.

Proses pembongkaran material batu belah dijalan dieng tampak dari samping. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Hari ini Rabu 17 Oktober 2018 material berupa pasir dan batu belah telah disiapkan, tinggal menunggu pelaksana pekerjaan. Menurut rencana pekerjaan pembangunan ditempat itu akan dilaksanakan sebelum musim penghujan tiba, mengingat jalan dieang merupakan jalan utama bagi warga yang berdomisili dijalan Gunung Agung sebelah Utara, selama jalan ini tidak dapat dilalui, warga suku 001 rt. 001 saat ingin pergi atau ingin mengeluarkan hasil panen harus mengambil jalan memutar.

Proses pembongkaran batu belah dijalan Raung/rinjani suku 004 rt. 003. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Sementara 1 unit Gorong – gorong yang juga siap dibangun oleh Pemerintah Kampung Bogatama terletak di Jalan Raung/Rinjani tepatnya di suku 004 rt.003, sebenarnya dijalan tersebut sudah ada gorong – gorongnya, namun kondisinya saat ini telah amblas dan telah tertutup lumpur sehingga tidak dapat mengalirkan air hujan, sehingga air membludak kejalan dan menyebabkan jalan menjadi rusak. Pembangunan sarana prasarana dasar yang bersifat umum ini menjadi skala perioritas karena sangat ditutuhkan oleh warga kampung secara umum.

Tumpukan material pasir dijalan raung/rinjani telah siap dipakai untuk membangun gorong – gorong. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Program pembangunan melalui ADD/K dan DD/K untuk tahun anggaran 2018 seperti yang tertuang dalam APBKAM oleh Pemerintah Kampung Bogatama 75 % sudah direalisasikan, menurut konsultan Tri Widodo struktur pemasangan batu belah yang diterapkan dikampung Bogatama sangat baik, menurut konsultan pula tekhnis pemasangan batu belah seperti yang terlihat di seputar Fasilitas Umum baru Kampung Bogatama yang menerapkan, hal ini tentu menjadi harapan konsultan agar kampung – kampung lain dapat meniru tekhnis pemasangan batu belah seperti yang ada dikampung Bogatama.

Kondisi gorong = gorong yang sudah amblas dan tidak bisa untuk pembuangan air saat musim penghujan. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Harapan kita semua mudah – mudahan apa yang telah dikerjakan oleh Pemerintah Kampung selama ini dapat diterima oleh masyarakat, dan masyarakat mendapat manfaat dari apa yang menjadi program Pemerintah, karena memang dasar untuk merancang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung (RPJMKAM) yang kemudian menjadi Rencana Kerja Pemerintah (RKP) adalah usulan dari masyarakat, dan usulan itu yang menjadi dasar pelaksanaan pembangunan . (Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan