Menyambut peringatan hari santri pengurus ranting nu dan muslimat mengadakan kegiatan dzikir istighatsah

Tokoh Agama Ky. Abdulloh Djuremi dan Ky. Suraji dalam acara do'a bersama dandzikir Manaqib di Masjid Nurul Iman Kampung Bogatama. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Bogatama.desa.id |20|10|2018 Hari Santri merupakan sebuah hari untuk memperingati peran besar kaum kiai dan kaum santri dalam perjuangannya melawan penajajah yang bertepatan dengan resolusi jihad dari Mbah KH. Hasyim pada tanggal 22 Oktober. Resolusi jihad yang diceruskan oleh pendiri NU yaitu KH. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober pada tahun 1945 di Surabaya untuk mencegah dan mengahalangi kembalinya tentara kolonial Belanda yang mengatas namakan NICA.

KH. Hasyim Asy’ari sebagai tokoh besar pendiri Nahdatul Ulama menyerukan jihad dengan mengatakan bahwa “Membela tanah air dari penjajah hukumnya fardlu’ain atau wajib bagi setiap orang”. Seruan jihad itulah yang di kobarkan oleh KH. Hasyim Asy’ari untuk membakar semangat para santri Surabaya untuk menyerang markas Brigade 49 Mahratta pimpinan Brigadir Jenderal Aulbertin Walter Sothern Mallaby.

Jama’ah dan Pengurus Ranting NU Kampung Bogatama dalam acara Do’a bersama dan dzikir Manaqib di Masjid Nurul Iman. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Jenderal Mallaby tewas dalam pertempuran yang berlangsung tiga hari berturut-turut, yaitu pada tanggal 27, 28, 29 Oktober 1945. Ia tewas bersama dengan pasukannya yang kurang lebih sebanyak 2.000 pasukan. Hal tersebut yang membuat marah angkatan perang Inggris, hingga berujung pada , peristiwa 10 November 1945 yang merupakan Hari Pahlawan.

Kemerdekaan Indonesia memang tidak lepas dari perjuangan kaum santri dan kaum ulama. Itulah kenapa tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional. Untuk menyambut peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober Pengurus Ranting Nahdlatul ‘Ulama’ dan Pengurus Ranting Muslimat Kampung Bogatama mengadakan acara do’a bersama yang ditempatkan di Masjid Nurul Iman Jln.Patoha Rw.002 Rt.002 Kampung Bogatama.

Paduan Suara Muslimat Kampung Bogatama menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hubbul Wathan dan Mars Muslimat untuk membangkitkan semangat Nasionalisme. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenang dan mendo’akan para Pahlawan Kemerdekaan yang berasal dari kalangan Ulama dan Santri. Selain itu kegiatan ini daimaksudkan untuk menumbuhkan semangat Nasionalisne dikalangan Muslim khususnya di Kampung Bogatama. Peringatan Hari Santri Nasional ini telah ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Hi. Joko Widodo melaui Kepres Nomor 22 Tahun 2015. Sejak ditetapkannya Peringatan Hari Santri Nasional seluruh Kaum Nahdliyyin khususnya selalu memperingati Hari Santri Nasional ini, terutama kalangan Kiyai dan Santri di Pondok Pesantren. (Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan