Pembagian siltap Aparatur Kampung Bogatama periode Juli September 2018

Bendahara Kampung Bogatama sedang membayarkan siltap aparatur kampung periode Juli - September 2018. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Bogatama.desa.id |04|10|2018| Penghasilan Tetap (Siltap) Aparatur Kampung adalah penghasilan yang diberikan Pemerintah Daerah melalui anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) untuk menghargai jasa (pekerjaan) yang telah dilakukan oleh Aparatur Kampung dalam pengabdiannya melayani masyarakat. Dasar pembayaran siltap disetiap Kampung adalah Peraturan Kampung (Perkam) yang mengacu pada Pagu Anggaran yang disampaikan oleh Pemerintah Daerah pada awal tahun anggaran baik jumlah ataupun besarannya. Teknis penyaluran dana siltap dari Pemerintah Daerah dilakukan dengan mentransfer dana tersebut dari rekening umum daerah kerekening Kampung, kemudian Kepala Kampung dan bendahara mengambil dana tersebut dibank yang telah ditentukan dan membagikan kepada Aparatur Kampung yang ada.

Hari ini Kamis tanggal 04 Oktober 2018 aparatur Kampung Bogatama berbondong – bondong datang kebalai Kampung untuk menerima siltap yang selama ini ditunggu – tunggu, dengan wajah ceria mereka hadir karena memang dana ini sudah dinantikan selama 3 bulan.

Apartur Kampung sedang mengantri untuk menandatangani dokumen pembeyaran yang disiapkan oleh Bendahara. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Melihat dari wajah para Aparatur Kampung yang ada semua terlihat berseri – seri, selain sudah dinanti saat ini Kampung Bogatama khususnya dalam kondisi musim kemarau, sehingga rata – rata mereka yang mengandalkan dari hasil kebun baik karet maupun sawit kurang bisa mengkafer semua kebutuhan, pasalnya pohon karet musim kemarau ini bertepatan musim gugur, demikian pula Kelapa sawit selain harganya murah juga musim trek (tidak ada buah) , sehingga siltap ini menjadi harapan sebagian besar aparatur kampung.

Kepala Kampung ikut mengantri dibelakang para aparatur kampung lain yang datang lebih awal. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Dalam pembagian sitap hari ini terlihat Kepala Kampung juga ikut mengantri dibelakang para kepala suku (RK) dan ketua lingkungan (RT), meskipun Kepala Kampung adalah pemegang Kuasa Pengguna Anggaran namun dalam menjaga tradisi disiplin Kepala Kampung Bogatama tetap mengantri dibelakang aparatur yang datang lebih awal. Kebiasaan ini dilakukan untuk memberikan contoh (teladan) bagi aparat kampung yang lain jangan karena jabatan kemudian mau menang sendiri.

Antrian Kepala Suku dan Ketua Lingan dalam pengabilan siltap. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Sebelum siltap dibagi Kepala Kampung terlebih dahulu memberikan arahan kepada semua aparatur kampung agar bekerja lebih maksimal dalam melayani warga, karena pemerintah sudah memenuhi haknya maka semua aparatur kampung dituntut untuk melaksanakan kewajiban sesuai tupoksi masing – masing Pembagian siltap hari ini merupakan pembayaran untuk masa kerja 3 bulan, terhitung mulai bulan Juli sampai dengan bulan September 2018. Semoga dengan dibayarkannya siltap untuk aparatur kampung ini kerja mereka lebih semangat dan lebih maksimal dalam melayani warga sesuai arahan Kepala Kampung. (Kang Mamat)

Facebook Comments

1 Comment

Tinggalkan Balasan