Pembangunan talud penahan tanah depan puskesmas kampung bogatama dilanjutkan kembali

Proses pemasangan benang ukuran untuk pemasangan batu belah (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Bogatama.desa.id |19|10|2018 Program Kerja Pemerintah Kampung Bogatama tahun 2018 dibidang 2 diantaranya membangun Talud Penahan Tanah (TPT) mulai dari dari depan Balai Kampung sampai dengan depan Puskesmas, Pembangunan TPT yang memiliki panjang lebih kurang 150 meter ini bersumber dari Dana Kampung dan Alokasi Dana Kampung (DK/ADK)Pembagian lokasi untuk memudahkan dalam pertanggung jawaban penggunaan anggaran pada pembangunan yang berasal dari 2 sumber ini sebelumnya telah direncanakan, sehingga tidak terjadi tumpang tindih dalam realisasi dan pertanggung jawabannya.

Pembanguan TPT yang berada didepan Balai Kampung bersumber dari DK sementara yang berada didepan Puskesmas bersumber dari ADK. Sejak dicairkannya dana Perimbangan Daerah pada awal bulan ini Pemerintah Kampung Bogatama langsung merealisasikan pembangunan TPT tersebut, ini dilakukan agar pada saat turun musim penghujan TPT tersebut sudah terwujud dan tanah timbun yang sudah ada tidak hilang karena terbawa air.

Team Pelaksana Kegiatan (TPK) sedang meninjau kegiatan pembangunan TPT. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Proses Pembangunan Talud Penahan Tanah (TPT) yang berada didepan Puskesmas dengan panjang lebih kurang 50 meter ini dikerjakan oleh 8 tenaga kerja yang berasal dari warga Kampung Bogatama, tenaga kerja yang direkrut merupakan keluarga yang tergolong kurang mampu, hal ini sesuai petunjuk teknis pelaksanaan pembangunan yang bersumber dari dana bantuan Pemerintah baik Daerah ataupun Pusat. Pembangunan TPT ini ditargetkan oleh Pemerintah Kampung Bogatama akan selesai dalam 10 hari kedepan, mengingat bidang pembangunan yang lain menunggu untuk dikerjakan.

Proses Pemasangan Batu belah pembangunan Talud Penahan Tanah. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Program Pemerintah Kampung Bogatama membangun TPT ini dimaksudkan untuk mengamankan area yang ada diseputar Puskesmas, karena selama ini dilokasi itu saat musim penghujan tiba debit air hujan sangat deras sehingga tanah yang ada didepan Puskesmas dan Balai Kampung terkena erosi dan semakin hari semakin menghawatirkan. Harapan setelah dibangun TPT dan Drainase saat musim penghujan dapat menjadi saluran pembuangan air dan tidak lagi menyebabkan erosi tanah disekitar area Balai Kampung dan Puskesmas.

Tenaga Kerja helper (Kuli) sedang membuat adonan semen dan pasir. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Menurut rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung bangunan Talud Penahan Tanah (TPT) ini nantinya akan dirancang menjadi taman Kampung yang dijadikan obyek wisata bagi masyarakat dikala sore dan malam hari, direncanakan pula dilokasi itu akan dibuat tempat bermin anak sehingga bagi warga Kampung Bogatama dapat menanfaatkan tempat itu untuk berlibur setelah seharian bekerja.

(Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan