Pemerintah kampung sekecamatan rawa jitu timur mengadakan pelatihan sideka

Camat Rawa Jitu Selatan Hi.Ahmad S.Pd, M.Pd sedang memberikan sambutan, (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Bogatama.desa.id |11|10|2018 Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDEKA) adalah website resmi yang dikelola oleh pemerintah kampung, website resmi ini merupakan program kerja dari Kementrian Informasi dan Komunikasi (Kemkominfo). Tujuan adanya situs resmi yang dikelola Pemerintah Kampung dimaksudkan sebagai sarana informasi yang bersumber dari tataran Pemerintah dari tingkat paling bawah agar keabsahan data yang disajikan benar – benar valid dan dapat digunakan sebagai referansi oleh pemerintah disemua tingkatan.

Selain itu tujuan adanya situs ini agar Pemerintah Kampung juga dapat menyajikan data yang transparan dan dapat diakses oleh pihak – pihak yang membutuhkan, seperti Sejarah Desa, Profil Desa, data kependudukan, data keuangan, pemetaan wilayah dan lain – lain. Dalam rangka memahamkan tentang apa yang harus di kerjakan oleh Pemerintahan tingkat Kampung berkaitan dengan sideka, hari ini Kamis, 11 Oktober 2018 Pemerintah Kampung se-Kecamatan Rawa Jitu Timur melaksanakan pelatihan sideka bagi Aparatur Kampung yang terdiri dari Juru Tulis Kampung, Kasi Pemerintahan dan Operator Kampung.

Peserta Pelatihan Sideka.id di aula Kecamatan Rawa Jitu Timur. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Diwilayah Kecamatan Rawa Jitu Timur sendiri terdapat 8 Kampung yang terdiri dari :

  1. Bumi Sentosa
  2. Bumi Dipasena Utama
  3. Bumi Dipasena Agung
  4. Bumi Dipasena Jaya
  5. Bumi Dipasena Mulya
  6. Bumi Dipasena Makmur
  7. Bumi DIpasena Sejahtera dan
  8. Bumi Dipasena Abadi

Dari ke 8 Kampung yang ada di Kecamatan Rawa Jitu Timur masing – masing Kampung mengutus 3 perwakilan yang terdiri dari Juru Tulis, Kasi Pemerintahan dan Operator Kampung, jumlah peserta pelatihan berjumlah 24 orang utusan dari masing – masing kampung ditambah beberapa orang staf Kecamatan dan undangan yang sengaja ingin mengetahui tentang sideka.

Camat Rawa Jitu Timur Hi. Ahmad, S.Pd, M.Pd bersama Ka Polsek dan Danramil mendengarkan pemaparan tentang sideka. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

kegiatan Pelatihan sideka ini dipusatkan dibalai Kecamatan Rawa Jitu Timur, hadir dalam acara Ka.Polsek Rawa Jitu Timur Danramil, dan beberapa Kepala Kampung. Kegiatan peltihan sideka dimulai pukul 08.30, menurut rencana kegiatan ini akan selesai pukul 16.00 Wib. Dalam sambutannya Camat Rawa Jitu Timur Hi. Ahmad, S,Pd, M.Pd mengajak para peserta untuk benar – benar memperhatikan apa yang akan disampaikan oleh nara sumber.

Pesrta Pelatihan sedang beraudiensi dengan nara sumber. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Mengingat pentingnya informasi era digital seharusnya pelatihan sideka dilaksanakan selama 10 hari, namun karena terbatasnya anggaran pelaksanaan pelatihan diadakan 1 hari dengan tujuan pengenalan lanjutan tentang sideka.id. Hadir selaku pemateri dalam pelatihan ini Beliau Bapak Dana Putra Yudha yang merupakan Pandu Sideka Nasional. Meskipun beliau saat ini sedang bertugas di Kabupaten Tasik Malaya dalam rangka Pandu Desa, namun beliau masih dapat meluangkan waktu untuk hadir berbagi ilmu dengan Admin sideka di Kabupaten Tulang Bawang.

Nara Sumber pelatihan sideka Dana Putra Yudha sedang menjelaskan dampak positif dan dampak negatif dari Internet. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Sumber dana untuk kegiatan pelatihan sideka yang dilaksanakan di aula kantor Kecamatan Rawa Jitu Timur bersumber dari Dana yang di alokasikan Pemerintah Kampung melalui APBKAM Tahun Anggaran 2018, masing – masing Kampung menganggarkan sejumlah Rp. 2.000.000,- (Dua Juta Rupiah) sehingga pelaksanaan pelatihan hanya mampu dilaksakan sehari. Menurut Ketua Apdesi Kecamatan Rawa Jitu Timur Nafian Faiz tahun 2019 akan dibahas bersama Kepala Kampung se-Rawa Jitu Timur agar dapat mengangggarkan kembali untuk pelatihan sideka demi suksesnya internet desa. (Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan