Setelah pencairan dana adk pemerintah kampung bogatama bersiap melanjutkan pembangunan tpt

Material batu belah untuk pembangunan Talud Penahan Tanah didepan Puskesmas. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Bogatama.desa.id |15|10|2018| Proses pembangunan kampung yang bersumber dari Alokasi Dana Kampung (ADK) kini mulai bisa bernafas lega, bulan ini Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang telah mencairkan dana ADK tahap I dan masing – masing Pemerintah Kampung sudah dapat mengambil dana tersebut pada Bank yang telah ditunjuk oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang. Bagi Pemerintah Kampung yang sudah mengambil dana ADK sudah bisa melanjutkan pembangunan kampung sesuai program yang telah tertuang didalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKAM).

Proses pembangunan dikampung Bogatama yang bersumber dari dana ADK sejak kemarin telah dimulai dengan pembelian material bangunan berupa batu belah dan pasir, bahan -bahan itu telah terlihat menumpuk didepan Puskesmas Kampung Bogatama, sesuai dengan APBKAM bahwa pembangunan Talud Penahan Tanah (TPT) yang berada didepan Puskesmas Kampung Bogatama adalah bersumber dari dana ADK, TPT sepanjang 50 meter tersebut menurut rencana pada minggu ini sipa dilanjutkan.

Proses penurunan material batu belah pagi hari tadi. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Sebanyak 24 M3 pasir dan 48 M3 batu belah mulai malam kemarin sampai dengan pagi ini telah siap dipasang untuk dibuat TPT. Menurut tenaga kerja yang merupakan warga setempat pembangunan TPT ini akan selesai dalam waktu 30 hari kerja, ini diperkirakan karena saat ini sudah mulai turun musim penghujan, sehingga dimungkinkan waktu pengerjaannya akan menemui hambatan. Pembangunan TPT ini merupakan program lanjutan dari TPT yang berada didepan Balai Kampung yang pekerjaannya telah memasuki tahap penimbunan.

Menurut rencana pembangunan TPT yang berada di depan Balai Kampung sampai dengan depan Puskesmas ini akan dibentuk menjadi taman Kampung, mengingat selama ini dilokasi tersebut belum mempunyai tempat istirahat yang nyaman dan lingkungan sekitarnya kurang terawat, sehingga diharapkan setelah dibangun taman Kampung nantinya lokasi itu akan menjadi wahana santai bersama bagi masyarakat Kampung Bogatama khususnya dan masyarakat kampung lain yang ingin berswafhoto.

Tumpukan batu belah sepanjang 50 meter yang ada di depan Puskesmas.(Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Kampung Bogatama sendiri merupakan Ibu Kota Kecamatan Penawartama dan merupakan jantung Kecamatan, sehingga segala sesuatunya sangat memerlukan perhatian serius agar benar – benar layak disebut sebagai Ibu Kota Kecamatan. Pembangunan fasilitas umum yang selama ini belum tersentuh mulai tahun anggaran 2018 ini telah dimulai, mulai dari Pembangunan drainase,talud penahan tanah, perluasan area lapangan sepak bola dan lain sebagainya.

Tumpukan material pasir yang telah siap digunakan untuk memasang TPT. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Harapan Pemerintah Kampung setelah nanti terbentuk taman akan dibangun juga kios – kios kecil sebagai tempat para pedagang makanan kecil menjajakan barang dagangannya, sehingga tempat itu nantinya akan menjadi daya tarik kampung dan menjadi sumber pendapatan kampung melalui kios – kios pedagang makanan yang rencanaya akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Kampung (BUMKAM).

Kendaraan Truk pengangkut batu belah sedang parkir didepan puskesmas setelah menurunkan muatan. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Selain itu program pembangunan taman Kampung ini dimaksudkan disetiap acara akbar seperti peringatan Hari Ulang Tahun RI, Hari Ulang Tahun Kampung, dan acara – acara lain dapat dimanfaatkan sebagai sarana bermain bagi anak anak sehingga akan tercipta suasana damai dan Visi Misi Kepala Kampung “menuju Kampung yang mandiri dan berkarakter” dapat terwujud . (Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan