Sosialisasi daftar pemilih tetap hasil perbaikan kecamatan penawartama

Komandan Posko 1 Paidi Prabowo sedang mengecek pada web KPU salah satu warga yang hadir diposko dengan mencocokkan data dengan KTP Elektronik. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Bogatama.desa.id |17|10|2018| Pemilihan Umum dalam rangka memilih Calon Wakil Rakyat baik tingkat Daerah, Provinsi, Pusat, Perwakilan Daerah dan Presiden tinggal sebentar lagi. Pemilihan Umum itu rencana akan dilaksanakan pada tanggal 17 bulan April tahun 2019, tahapan demi tahapan sudah dilalui dan dilaksanakan oleh pihak penyelenggara pemilu (KPU) baik ditingkat pusat, daerah sampai dengan PPS ditingkat desa, kegiatan pencermatan terhadap calon mata pilih mulai dari DPS, DPT, DPTB usulan masyarakat sampai dengan DPTHP untuk memastikan tidak ada data ganda sudah dilalui.

Meskipun tahapan demi tahapan perbaikan itu sudah dilalui namun untuk memastikan masyarakat yang mempunyai hak pilih telah terdaftar dalam DPTHP hari ini Rabu 17 Oktober 2018 seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Penawartama mengadaka kegiatan sosialisasi dengan membuka posko pengaduan yang terbagi menjadi 3 tempat.

Koordinator Posko 2 Yanuar Adriyantobersama Team PPS diwilayah posko 2. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Mengingat Kecamatan Penawartama yang terdiri dari 14 Kampung dan anggota PPK hanya berjumlah 3 orang maka posko tempat pengaduanpun dibagi menjadi 3 wilayah dalam rangka untuk mempermudah dan meratanya acara sosialisasi ini pada masyarakat. Posko 1 dikomando oleh Anggota PPK Paidi Prabowo dengan anggota PPS dari Kampung Bogatama, Pulo Gadung, Tri Rejo Mulyo dan Wira Agung Sari dengan Pos pengaduan ditempatkan di Balai Kampung Bogatama.

Anggota Posko 2 bersama salah satu warga yang ingin mengetahui statusnya dalam sistem. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Sementara itu Posko pengaduan ke 2 dikomando oleh Yanuar Adrianto dari PPK dan beranggotakan PPS yang berasal dari Kampung Sidoharjo, Rejo Sari, Tri Tunggal Jaya dan Sidodadi dengan posko yang didirikan di Kampung Sidoharjo persis didepan Masjid Rochmatul Ummah. Sedangkan Pos pengaduan ke 3 dikomando oleh Supriyanto selaku ketua PPK Kecamtan Penawartama dengan anggota PPS dari Kampung Sidomakmur, Sidomulyo, Dwi Mulyo, Tri Jaya, dan Tri Karya dengan Posko pengaduan di Perempatan Gudang Areng Kampung Sidomulyo.

Koordinator Posko 3 Supriyanto bersama anggota sedang mengecek data warga melalui sistem.(Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Kegiatan Sosialisasi yang dilaksanakan hari ini oleh PPK dan PPS Kecamatan Penawartama dalam rangka menjaring aspirasi dan laporan dari masyarakat untuk memastikan seluruh masyarakat sudah terdaftar sebagai Calon Pemilih Tetap pada Pemilu 2019 yang akan datang. Selain mendirikan posko sebagaimana telah disebutkan masing – masing anggota PPK dan PPS berjalan menyapa warga untuk menanyakan dan memastikan namanya sudah terdaftar dalam DPT.

Anggota Posko 1 bersama ketua suku 1 sd 5 Kampung Bogatama dalam rangka memastikan data warganya telah terdaftar dalam DPT. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Mulia pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 Wib saat istirahat siang semua warga yang ditemui menyatakan sudah terdaftar sebagai mata pilih pada pemilu mendatang, bahkan sebagianwarga ada yang sengaja datang dengan membawa e-KTP dan menanyakan kepada petugas untuk sekedar mengecek namanya dalam sistem Komisi Pemilihan Umum dan semua sudah terdaftar.

Operator PPS Kampung Sidomakmur Sunai Darussalam sedang meneliti data mata pilih pada data best yang ada. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Menurut salah satu warga masyarakat yang diminta pendapatnya tetang sosialisasi semacam ini merupakan upaya maksimal yang dilakukan oleh KPU dan jajarannya, namun apabila sampai dengan saat pemilihan ternyata ada yang tidak terdaftar dalam DPT berarti kesalahan dari yang bersangkutan mengapa tidak merespon dengan program yang telah dilakukan oleh KPU.

Ketua Suku 1 sd 5 Kampung Bogatama sedang berkonsultasi dengan petugas penjaga di posko 1 (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Pendataan demi pendataan dan pencermatan demi pencermatan yang dilakukan oleh Penyelenggara Pemilihan Umum merupakan respon dan tanggapan dari beberapa kalangan yang mengatakan mesih terdapat pemilih ganda, masih ada warga yang belum masuk daftar mata pilih. Namun setelah diadakan sosialisasi langsung pada masyarakat ternyata dikecamatan Penawartama belum(tidak) ditemukan masalah seperti yang mereka ungkapkan.

Koordinator dan Anggota Posko 1 saat istirahat siang diisi dengan kegiatan makan bersama. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Semoga Pemilihan Umum mendatang berjalan lancar dan menghasilkan wakil – wakil rakyat yang punya dedikasi tinggi untuk membangun bangsa dan Negara serta tidak ditemukan lagi laporan masyarakat yang menyatakan belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019, sehingga pelaksanaan pemilu bisa berjalan lancar, aman, tertib, dan terhindar dari segala masalah. (Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan