Suscatin sebagai upaya memberikan penyuluhan kepada calon pengantin

Petugas Dinas Kesehatan sedang menyampaikan materi dalam SUSCATIN. (Dokumen desa.id Fhoto By. Ansori)

Bogatama.desa.id |10|10|2018 Masalah pokok yang harus diketahui oleh calon pengantin yang akan melangsungkan akad nikah adalah mengetahui pentingnya menjaga kesehatan pra dan pasca nikah, tips membina rumah tangga menurut ajaran agama Islam, memahami hal – hal yang akan dihadapi oleh keluarga disaat menjalani kehidupan berumah tangga, dan masalah – masalah lain yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat.

Berangkat dari permasalahan ini setiap Kantor Urusan Agama (KUA) diseluruh Indonesia menyelenggarakan Kursus Calon Pengantin (Suscatin) yang dipandu oleh Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) dimasing – masing KUA, tak terkecuali yang dilaksanakan oleh KUA Kecamatan Penawartama, dalam rangka menyelenggarakan pembinaan kepada calon pengantin setiap seminggu sekali menggelar Suscatin yang diikuti oleh Calon Pengantin dari Kampung – Kampung se-Kecamatan Penawartama.

Peserta Suscatin sedang mendengarkan materi yang disampaikan oleh petugas Dinas Kesehatan (Dokumen desa.id Fhoto By. Ansori)

Kemarin Selasa 09 Oktober 2018 KUA Kecamatan Penawartama yang dikepalai oleh ANSORI, S.Ag menggelar suscatin yang diikuti oleh 9 pasang Calon Pengantin yang berasal dari Kampung Kecamatan Penawartama. Kegiatan Suscatin ini merupakan kegiatan rutin mingguan yang sudah dilaksanakan rutin sejak tahun 2014 silam. Peserta suscatin pada setiap acara berbeda – beda, ini menyesuaikan laporan dari Pembantu PPN yang ada di Kampung, terkadang sedikit dan terkadang banyak.

Peserta Sucatin sedang mendengarkan arahan dari Kepala KUA. (Dokumen desa.id Fhoto By. Ansori)

Suscatin yang dilaksanakan hari kemarin diikuti oleh 9 pasang Calon Pengantin menghadirkan nara sumber dari Dinas Kesehatan Penawartama Hi.Erna Kumala Hasan selaku Kepala Puskesmas dan Panca yang merupakan bidan Kampung. Dalam Suscatin ini Pemateri Hi.Erna Kumala Hasan menyampaikan pentingnya mengetahui idealnya umur seseorang mulai berumah tangga, menjaga kesehatan bagi Catin dan menyiapkan mental dalam menghadapi proses akad nikah nantinya, tak lupa Bidan Kampung yang bertugas juga memberikan suntik TT kepada catin perempuan agar terhindar dari hal – hal yang dapat membahayakan.

Pengurus BP4 sedang memberikan materi tentang pernikahan dan tips membina rumah tangga. (Dokumen desa.id Fhoto By. Ansori)

Sementara Pengurus BP4 Kecamatan Penawartama yang diwakili oleh Ahmad Makin meyampaikan tentang hukum pernikahan dalam agama Islam, membina rumah tangga menurut agama Islam dan tata cara bermasyarakat yang baik. Kegiatan suscatin ini pada tahun lalu disenggarakan setiap hari Senin, namun karena banyak kendala maka kegiatan suscatin mulai bulan lalu dilaksanakan setiap hari selasa. Kepala Kantor Urusan Agama KUA Penawartama Ansori, S.Ag tak lupa mengingatkan kepada P3N yang ada di Kampung dan kepada calon pengantin agar sebelum melaporkan peristiwa pernikahan untuk selalu melengkapi persyaratan administrasi, hal ini dimaksudkan agar dalam proses penerbitan buku nikah tidak menemui kendala yang berarti. (Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan