Workshop penyusunan naskah soal ujian madrasah tingkat mi kabupaten tulang bawang oleh kemenag tuba

Jajaran Pejabat Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tulang Bawang, dari kiri Pengawas Madrasah tingkat MI Rohman, M.Si, Kasi Penmad Hi.Marsudi, S.Ag, S.Pdi, M.Pd.I, Ka. Kemenag Drs.Hi. Budi Cipto Utomo, M.Pd, Kasubag TU Hj. Eviana, M.Pd.I, Kepala MIN 01 Tuba Hj. Siti Suratminah, M.Pd.I(Dokumen desa.id Fhoto By. Manidar)

Bogatama.desa.id |16|10|2018| Mencerdaskan generasi penerus perjuangan bangsa dan mencetak generasi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berilmu, berakhlak mulia, sehat, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab adalah amanat undang – undang pendidikan yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

sebagai upaya untuk menuju tujuan tersebut uji kemampuan bagi peserta didik disetiap akhir semester merupakan kewajiban lembaga pendidikan disetiap tingkatan dalam rangka mengukur kemampuan peserta didik dibidang pengetahuan kognitif. Salah satu cara menguji peserta didik disetiap tingkatan dibutuhkan soal ujian yang sesuai dan terukur, untuk itulah hari ini Selasa, 16 Oktober 2018 Kementrian Agama Kabupaten Tulang Bawang mengadakan workshop penyusunan soal ujian semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019.

Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Madrasah dalam acara pembukaan workshop. (Dokumen desa.id Fhoto By. Manidar)

Kegiatan Workshop oleh Kementrian Agama dibawah koordinasi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Penmad) dilaksanakan di aula Madrasah Ibtidaiyah Negri (MIN) 01 Kabupaten Tulang Bawang, kegiatan ini diikuti oleh team penyusun naskah sola ujian semester ganjil yang sudah di tunjuk oleh panitia dan pengawas pendidikan madrasah yang terdiri dari para guru madrasah tingkat MI yang kemampuannya sudah teruji.

Peserta yang di tunjuk sebagai team penyusun naskah sebanyak 33 orang ditambah 3 orang selaku panitia. Penyusun naskah soal terdiri dari perwakilan guru MI sebanyak 31 orang dan koordinator zona 2 0rang. Kegiatan workshop dimulai pukul 09.00 dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tulang Bawang, susunan acara pembukaan diawali dengan berdo’a, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alqur’an kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Madrasah dipimpin guru MIN 01 Tulang Bawang.

Kepala Kantor Kementrian Agama sedang memberikan sambutan sekaligus membuka acara workshop secara resmi. (Dokumen desa.id Fhoto By. Manidar)

Dalam sambutan pada acara pembukaan kegiatan workshop ini beliau Kepala Kantor Kemenag Tulang BawangDrs.Hi.Budi Cipto Utomo, MM. mengingatkan kepada team penyusun naskah agar dalam membuat soal ujian semester susunan kalimat disesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta didik, jangan terlalu bertele – tele dan ikuti panduan penyusunan naskah sesuai yang disampaikan oleh nara sumber.

Kasubbag TU dan Kasi Penmad sedang memberikan materi tentang tekhnis pembuatan soal dan penialaian peserta didik. (Dokumen desa.id Fhoto By. Manidar)

Bertindak sebagai nara sumber dalam kegiatan workshop ini:

  1. Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tulang Bawang Drs.Hi.Budi Cipto Utomo, MM
  2. Kepala Tata Usaha Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tulang Bawang Hj.Eviana, M.Pd.I
  3. Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementrian Agama Kabupaten Tulang Bawang Hi.Marsudi, S.Ag, S.Pd.I, M.Pd.I
  4. Pengawas Pendidikan Madrsah tingkat MI Kementrian Agama Kabupaten Tulang Bawang Rohman, M.S.I

Pengawas pendidikan Kemenag Tuba sedang memberikan laporan kepada Ka. Kemenag tentang dasar kegiatan. (Dokumen desa.id Fhoto By. Manidar)

Kegiatan Workshop penyusunan naskah ujian semester ganjil oleh Kementrian Agama ini dimaksudkan bahwa Kabupaten Tulang Bawang bisa membuat naskah ujian secara mandiri dan tidak selalu bergantung pada Kanwil Kemenag. Mengingat standarisasi pendidikan madrasah didaerah dengan di pusat kota sangat berbeda sehingga apabila selalu mengandalkan soal dari kanwil belum tentu sesuai dengan standar yang ada di Kabupaten Tulang Bawang, selain itu untuk membuktikan bahwa guru madrasah dikabupaten Tulang Bawang bisa menyusun naskah soal ujian semester tingkat MI yang kwalitasnya tidak jauh berbeda dengan yang dibuat oleh team pembuat soal kanwil.

Peserta workshop sedang bekerja menyusun naskah ujian semester ganjil tingkat MI TP.2018/2019. (Dokumen desa.id Fhoto By. Manidar)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan