Coklit dp4 oleh pps dan ppl kampung bogatama

PPS dan PPL melaksanakan Coklit dengan mengunjungi Ketua Lingkungan RK. 4 SAMIDI. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Bogatama.desa.id |04|11|2018 Persiapan Data Pemilih pada Penyelenggaraan Pemilu oleh KPU hampir memasuki tahap final, Tahapan demi tahapan Persiapan Pemilu 2018 telah dikerjakan terutama validasi data pemilih, data Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilih (DP4) yang dirakomendasikan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mulai diteliti dan dicocokkan dengan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang merupakan penyelenggara tingkat Kampung, selaku Penyelanggara Pemilu ditingkat Kampung, PPS Kampung Bogatama bersama Panitia Pengawas Lapangan (PPL) telah meneliti data DP4 dari Kemendagri dengan data DPTHP yang telah divalidasi pada tahapan sebelumnya.

Sesuai dengan intruksi PPK bahwa untuk pencocokan DP4 dengan DPTHP oleh PPS hanya diberi waktu mulai tanggal 1 hingga tanggal 9 Nopember 2018, melihat waktu yang sedemikian sempit PPS Kampung Bogatama berupaya agar pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian data DP4 dengan DPTHP dilaksanakan hari ini, meskipun hari Minggu anggota PPS dan PPL Kampung Bogatama tetap bekerja maksimal, mulai dari pencocokan data pemilih DP4 dengan DPTHP hingga bekunjung kemasyarakat telah dikerjakan dan hari ini mendapatkan 5 Rukun Keluarga (RK) dari 5 RK yang ada di Kampung Bogatama.

PPS Kampung Bogatama Ahmad Mustangin, S.Pd.I sedang meneliti data DP4 dengan Ahmad Judi Tokoh Masyarakat Lingkungan RK 5. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Pihak PPK sendiri menyampaikan data DP4 kepada PPS baru kemarin Sabtu 03 Nopember 2018, pemberian data DP4 dan DPTHP oleh PPK kepada PPS yang berupa soft copy agar bisa dicermati dan dilakukan coklit sampai dengan tanggal 7 Nopember 2018 dengan datang langsung kepada Ketua RK atau Tokoh Masyarakat untuk memastikan status nama yang tertera dalam DP4. Dari kegiatan hari ini didapati data DP4 dari Kemendagri ada beberapa nama yang sudah ada dalam DPTHP, dan sebagian kecil belum tercantum, namun mayoritas nama yang ada sudah meninggal dunia atau pindah alamat domisili, sehingga perlu ada pencermatan ulang.

Dalam kegiatan Pencocokan dan Penelitian data ini PPS sebagai Penyelenggara dan PPL selaku pengawas pemilu tingkat Kampung bersama – sama berkunjung kepada Ketua RK maupun Tokoh Lingkungan. Dari beberapa kunjungan kepada tokoh masyarakat dan ketua RK PPS dan PPL bekerja sama dan saling melengkapi tatkala ada hal yang kurang bisa dipahami oleh tokoh yang dikunjungi, ini membuktikan bahwa Penyelenggara Pemilu dan Pengawas Lapangan di Kampung Bogatama dapat berjalan sesuai ketentuan yang ada.

PPS dan PPL Kampung Bogatama sedang berdiskusi dengan Tokoh Masyarakat. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Kegiatan Coklit DP4 oleh PPS dan PPL Kampung Bogatama ditargetkan selesai besok sebelum tengah hari, ini dimaksudkan untuk mempermudah proses rekap data ditingkat Kampung yang akan dikerjakan setelah waktu Dzuhur, direncanakan proses rekap data setelah Dzuhur ini untuk mengantisipasi jika ada kesalahan masih ada waktu pembenahan, sehingga saat hasilnya disampaikan kepada PPK sudah menjadi data yang benar benar valid. Melalui Pencocokan dan Penelitian data Dp4 dan DPTHP ini semoga tidak ada lagi masyarakat yang mempunyai hak pilih tidak terdaftar dalam DPT sehingga pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan sukses.

(Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan