Kegiatan penyandingan dp4 kemendagri dengan dpthp kpu oleh ppk dan pps kecamatan penawartama

Sambil menunggu peserta lain yang belum hadir PPS Kampung Bogatama (M. Fidia Promono) menyeleksi data DP 4 dicocokkan dengan DPTHP. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Bogatama.desa.id |03|11|2018 Pemilihan Umum DPR. PDRD I, DPRD II, DPD dan Presiden saat ini memasuki tahapan pematangan data pemilih secara Nasional, terutama berkenaan dengan Data Pemilih Tetap (DPT) yang selalu mejadi perbincangan hangat antara calon kontestan dan Penyelenggara (KPU), upaya untuk memvalidkan data oleh Penyelenggara Pemilu selalu menjadi pekerjaan rumah yang masih berproses, singkronisasi data yang dimiliki oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) dari Kemendagri banyak yang belum masuk dalam daftar Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) oleh KPU.

Menindak lanjuti hal ini Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Penawartama adakan kegiatan penyandingan untuk mencocokkan data DP4 dengan DPTHP yang sudah ada. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Kampung Bogatama dan dihadiri oleh seluruh Anggota PPK, Operator PPS sekecamatan Penawartama yang berjumlah kurang lebih 30 orang. Kegiatan Penyandingan Data DP4 dengan Data DPTHP ini dimulai pukul 14.15 WIB. Meskipun wilayah Penawartama diguryur hujan namun karena tanggung jawab sebagai penyelenggara pemilu hal ini bukan menjadi halangan, terbukti semua perwakilan dapat hadir dalam acara ini

PPK,PPS dan Paswascam dalam Kegiatan Penyandingan Data DP4 dengan Data DPTHP di Balai Kampung Bogatama. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Kegiatan Penyandingan Data DP4 denga DPTHP ini untuk melanjutkan rekomendasi KPU pasca menggelar Rapat Koordinasi dengan Kemendagri, dari hasil Rapat Koordinasi tersebut diintruksikan kepada PPK dan PPS bekerjasama dengan Panwascam untuk melakukan evaluasi data langsung pada masyarakat dengan melibatkan Ketua Lingkungan (RK/RT) untuk memastikan data dalam DP4 masih sesuai dengan kondisi saat ini. Ini untuk mengupayakan agar dalam Pemilu yang akan datang tidak ada penduduk yang sudah mempunyai hak pilih tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Operator PPS sedang melakukan koreksi Data DP4 dengan Data DPTHP. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Setelah di laksanakan penyandingan data DP4 dari Kemendagri dengan DPTHP yang selama ini telah dikerjakan oleh KPU memang banyak data yang belum terdaftar, namun data yang belum terdaftar itu merupakan data yang sudah lama yang sebenarnya pada tahapan Pilgub Lampung kemarin telah dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS), pada tahapan – tahapan berikutnyapun telah dilakukan perbaikan data oleh PPS dan PPK baik berdasarkan laporan dari masyarakat maupun turun langsung kelapangan, namun fakta yang ada masih juga terdapat mata pilih yang terdata pada DP4 namun belum terdaftar dalam DPTHP, meskipun banyak juga data yang terdaftar dalam DP4 itu sudah pindah domisili bahkan banyak yang sudah meninggal dunia (TMS).

Peserta Kegiatan Penyandingan Data DP4 dengan Data DPTHP sedang sharing dan menyusun rencana lanjutan. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Menyikapi hal ini PPK Penawartama mengintruksikan kepada PPS agar benar – benar menyandingkan data DP4 dengan DPTHP dalam waktu yang telah dijadwalkan oleh KPU, yaitu tanggal 1 sampai dengan tanggal 9 Nopember 2018, jika masih ada data dalam DP4 yang belum masuk dalam DPTHP agar mendata melalui Format yang ada dengan terlebih dahulu memastikan bahwa yang bersangkutan benar masih berdomisili sesuai data dalam DP4 dan koordinasi dengan ketua lingkungan RT/RK. Kita dengan kegiatan penyandingan data DP4 dengan DPTHP tidak ada lagi masyarakat yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2019, sehingga Pemilu bisa berjalan lancar tanpa hambatan.

(Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan