Musyawarah Mufakat kunci pemecahan masalah

Sekcam Kecamatan Gedung Aji baru sedang menyampaikan sambutan dalam Musyawarah Komite MTs Al - Ikhlas. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Bogatama.desa.id |11|11|2018 Salah satu tujuuan Pemerintah melalui Program Pendidikan adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Upaya untuk mengevaluasi tujuan tersebut diantaranya dengan adanya penilaian pada setiap peserta didik disetiap tingkatan.Contoh kongrit dengan mengadakan Evaluasi mulai dari semester hingga Ujian Nasional

Tahapan demi tahapan penilaian oleh sebuah Lembaga Pendidikan menurut aturan kurikulum 2013 edisi revisi bukan hanya berpedoman dengan kemampuan secara kognitif saja, melainkan secara afektif dan psikomotorik justru menjadi acuan utama, sehingga setiap tenaga didik (Guru) dituntut mampu menilai peserta didik mulai dari sikap, perilaku, dan kebiasaan peserta didik baik didalam maupun diluar lingkungan sekolah, ini dapat dilakukan dengan melibatkan sesama peserta didik untuk menilai temannya, meskipun pada hasil akhirnya tetap nilai kognitif sebagai acuan utama penilaian.

Dalam rangka melaksanakan tahapan penilaian bidang kognitif (pengetahuan) Tahun Pelajaran 2018/2019 ini semua Madrasah dibawah naungan Kementerian Agama wajib menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer bagi Madrasah setingkat MTs dan MA, Kebijakan Pemerintah ini berlaku untuk Madrasah baik Negeri maupun Swasta, bagi Madrasah Negeri kebijakan ini sudah dimulai sejak Tahun Pelajaran 2017/2018, namun untuk Madrasah swasta tingkat MTs baru diwajibkan pada tahun ini, mengingat kesiapan Madrasah Swasta tahun lalu belum maksimal.

Ketua Yaysan Al – Ikhlas Gedung Aji Baru Hi. SARIPAN, S.Pd.I sedang memberikan tanggapan dari wali murid berkaitan dengan usulan Komite tentang pengadaan alat UNB-K.(Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Bagi Madrasah Swasta kebijakan ini sekilas sangat memberatkan, karena keterbatasan Sarana dan Prasarana yang ada, namun dengan upaya maksimal secara perlahan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Tulang Bawang mayoritas telah siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), salah satu contoh MTs Al -Ikhlas yang ada dikampung Sidomukti Kecamatan Gedung Aji Baru saat ini menyatakan diri siap melaksanakan UNBK, hari ini 11 Nopember 2018 Komite Madrasah mengundang wali murid untuk membahas tentang sarana yang akan digunakan UNBK, diataranya mengadakan peralatan Ujian berupa Komputer server dan Komputer Client.

Komite Madrasah selain menghadirkan wali murid juga mengundang unsur Yayasan, Pemerintahan dan segenap Dewan Guru, dari unsur Pemerintahan Komite mengundang Sekcam Kecamatan Gedung Aji Baru Hi. Suwardi, S.Pd, S.H, dan Kepala Kampung Sidomukti Yuniati A.MA , dihadirkannya pihak Pemerintahan adalah sebagai penyeimbang dalam pengambilan kesimpulan dan sebagai motivator bagi wali murid, karena kedua pejabat Pemerintah ini juga termasuk tokoh yang berasal dari Madrasah Tsanawiyah Al – Ikhlas Sidomukti Gedung Aji baru.

Peserta Musyawarah yang terdiri dari wali murid kelas 7, 8, dan 9 dalam membahas pengadaan alat UNB-K. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Musyawarah ini digelar mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan Pukul 11.30 WIB dihadiri oleh seluruh wali murid kelas 7, 8, dan 9. Dalam sambutannya Ketua Komite M.Hasan Sai in menyampaikan “seberat apapun beban yang kita pikul akan terasa ringan biala dipikul bersama, maka untuk menuju semua itu Musyawarah Mufakat merupakan kunci untuk memecahkan permasalahan”. Peserta didik MTs Al -Ikhlas sendiri T.P 2018/2019 yang siap mengikuti ujian berjumlah 42 anak, sehingga dibutuhkan minimal 2 unit Komputer Server dan 21 Unit Komputer Client dengan anggaran biaya berkisar antara 60 sampai dengan 80 Juta, namun dengan adanya kesepakatan dalam musyawarah target itu dapat teralisasi meskipun dengan cara berangsur.

(Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan