Pembangunan talud saluran air didepan balai kampung bogatama hampir selesai

Proses Pemasangan Batu belah pada tanah yang sudah selesai di gali untuk membangun talud saluran air. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Bogatama.desa.id |21|11|2018 Pembangunan sarana prasarana umum yang menjadi skala perioritas pemerintah kampung Bogatama semakin hari semakin mendekati finish, secara berkesinambungan para pekerja yang merupakan warga kampung Bogatama dengan sistem padat karya telah menyelesaikan galian talud saluran air atau yang akrab dengan sebutan parit, sepanjang 105 meter parit yang berada di depan balai kampung saat ini telah selesai proses penggaliaanya dan sedang dilanjutkan dengan pemasangan batu belah.

Pembangunan sarana prasarana umum ini telah dilaksanakan sejak pencairan Dana Desa tahap 2 dimulai dengan membangun Talud Penahan Tanah (TPT) yang memiliki panjang 150 meter menanjang dari ujung timur sampai ujung barat, setelah TPT selesai dilanjutkan dengan penimbunan dan saat ini telah rata dan dilanjutkan dengan penggalian tanah untuk parit atau talud saluran air. Mengingat tanah timbun yang belum seberapa padat, proses penggalian parit dilakukan dengan bertahap, tahap awal talut saluran air yang memiliki panjang 105 meter itu di laksanakan 60 meter dan langsung dipasang Batu belah, setelah selesai baru dilanjukan penggalian dan pemasangan batu belah sepanjang 45 meter.

Proses Pemasangan batu belah oleh para pekerja yang hampir selesai. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Sampai dengan saat ini penggalian tanahnya sudah 100 %, demikian pula pemasangan batu belah tinggal sedikit lagi, diperkirakan pemasangan batu belah itu akan selesai besok, dengan demikian pembangunan talud saluran air atau yang akrab dikenal dengan parit yang ada didepan balai kampung Bogatama selesai 100 %. Menurut rencana pembangunan TPT, Drainase dan talud saluran air ini sebagai upaya pemerintah kampung Bogatama dalam menciptakan Bogatama yang layak disebut sebagai Ibu Kota Kecamatan, lokasi yang berada didepan balai kampung sepanjang 150 meter tersebut akan dibuat sebagai ikon yang menjadi ciri khas Kampung dengan dibuat taman.

Proses pengecoran jembatan jalan menuju balai pelayanan. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Sebagai Kampung yang menjadi pusat Pemerintahan Kecamatan Penawartama tentu harus berani tampil beda dengan kampung lain, sebagai upaya untuk mewujudkan itu pemerintah menganggap perlu adanya tempat special yang bisa dijadikan ikon tersendiri, taman desa atau kampung yang berada didepan fasilitas umum inilah akhirnya diwujudkan agar kampung Bogatama mempunyai ciri tersendiri yang saat ini belum dimiliki oleh kampung lain di Kecamatan Penawartama.

Proses pemindahan tanah timbun yang berlebihan ketempat yang masih belum rata.(Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Ditempatkannya bangunan calon taman ditempat umum agar menjadikan pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal, diharapkan dengan adanya taman desa atau kampung agar masyarakat merasakan suasana yang berbeda saat mengunjungi balai pelayanan, selain mendapatkan apa yang menjadi keperluannya sekaligus dapat berefreshing ditaman desa yang pada akhirnya dapat mendatangkan keuntungan tersendiri bagi ara pedagang yang ada disekitar balai kampung.

(Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan