Pembangunan talud saluran air didepan balai kampung dilanjutkan

Proses pembangunan talud saluran air didepan balai kampung Bogatama. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Bogatama.desa.id |14|11|2018 Setelah beberapa waktu istirahat dari proses pekerjaan, pembangunan talud didepan balai Kampung Bogatama kembali dilanjutkan. Diistirahatkan pekerjaan pembangunan ersebut berkaitan dengan adanya tanah timbun yang belum seberapa padat, disebabkan sejak dari proses penimbunan sampai dengan saat ini belum seberapa tersiram air hujan, sehingga tanah timbun tersebut masih labil dan mudah longsor. Namun setelah dicek beberapa hari yang lalu tanah timbun tersebut sudah mulai padat sehingga penggalian tanah dapat dilakukan.

Seperti telah diberitakan bulan lalu bahwa Pemerintah Kampung Bogatama dalam APBKAM Tahun 2018 pada bidang 2 (pembangunan) diantara salah satu poinnya adalah pembangunan Talud Penahan Tanah (TPT) Drainase, dan Talud Saluran Air. Pembangunan tersebut berada didepan balai kampung mulai dari ujung sebelah timur sampai batasjalan sebelah barat dengan panjang 150 meter. Sepanjang 45 meter TPT dan Drainase yang berada di depan Puskesmas telah direalisasikan sampai dengan penimbunan, sedangkan talud saluran air sepanjang 105 meter yang berada didepan balai kampung sampai dengan batas Puskesmas saat ini sedang dalam proses pengerjaan.

Material batu belah pada lokasi pembangunan talud saluran air yang sudah siap dipasang. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Dibangunnya TPT, drainase dan talud saluran air ini dalam rangka melindungi tanah yang berada dilokasi tersebut. Pasalnya setiap musim penghujan aliran air hujan yang mengalir ditempat ini sangat deras sehingga menyababkan badan jalan semakin menyempit karena terdampak erosi, terutama yang berada didepan Puskesmas. Pemerintah Kampung Bogatama sendiri merencanakan pada lokasi tersebut akan dirancang menjadi taman kampung tempat swa fhoto dan berkumpul, mengingat ditempat ini merupakan tempat yang banyak dikunjungi oleh warga terutama saat ada perayaan seperti HUT RI dan kegiatan lain karena tempatnya berada diibukota Kecamatan Penawartama.

Proses pemasangan batu belah pembangunan talud saluran air. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Tahapan pembangunan talud saluran air sepanjang 105 meter sejak hari kemarin telah berjalan dan berproses, ini dapat dilihat dari proses galian dan pemasangan batu belah yang sudah dikerjakan oleh para pekerja yang berasal dari warga kampung yang telah ditunjuk untuk melaksanakan pembangunan. Pembangunan talud saluran air yang memiliki ukuran 0,6 x 0,8 x 0,4 meter dengan panjang 105 meter ini ditargetkan selesai dibulan November ini, mengingat pada bulan Desember curah hujan mulai tinggi sehingga pembangunannya diupayakan sebelum bulan Desember agar saat curah hujan tinggi talud sluran air sudah dapat difungsikan.

Lokasi pembangunan talud saluran air terlihat dari sebelah barat. Nampak para pekerja sedang melakukan proses pekerjaan. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Pemerintah Kampung Bogatama sendiri saat ini telah merealisasikan program pembangunan yang telah tertuang dalam APBKAM, terutama yang bersumber dari Dana Desa, sementara yang dananya bersumber dari Alokasi Dana Desa masih menunggu proses pencairan, sehingga untuk saat ini masih terdapat yang item pembangunan belum terealisasi, seperti Gerbang Makam yang sumber dananya dari ADD. Semoga dengan pembangunan ini Kampung Bogatama semakin maju dan tercapai apa yang menjadi visi dan misinya “Menuju Kampung Yang Mandiri dan Berkarakter”.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan