Pemerintah kampung bogatama bersama bidan desa mensukseskan gasibu

Kegiatan Penempelan stiker P4 K Oleh Bidan Desa bersama Kader Kesehatan. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Bogatama.desa.id |01|11|2018 Kesehatan merupakan kebutuhan dasar setiap orang, upaya untuk menuju sehat tak sedikit orang yang rela mengorbankan harta yang ia miliki, bahkan terkadang hanya satu – satunya harta yang ia punya rela dikorbankan. Terlebih bagi mereka yang sudah terkena penyakit atau hal lain yang mengganggu kesehatan, tanpa banyak perhitungan apapun akan diupayakan demi mendapatkan sehat.

Namun demikian berdasarkan hasil survei dilapangan masih banyak orang yang kurang peduli terhadap kesehatan diri dan keluarga, tak sedikit warga masyarakat yang kurang memperhatikan hal – hal yang berkaitan menuju sehat, seperti masih banyak orang yang membuang sampah sembarangan, masih banyak lingkungan rumah yang kotor, masih banyak lobang dan genangan air yang tidak terawat, masih ada rumah tangga yang tidak memperhatikan kebersihan didalam rumahnya, dan lain – lain. Padahal dalam sebuah ungkapan Kebersihan Pangkal Kesehatan”. Ungkapan ini nampaknya belum bisa menyentuh lapisan masyarakat secara menyeluruh terutama masyarakat yang tinggal dikota – kota besar.

Salah satu contoh bentuk pelayanan kesehatan yang dilaksanakan saat kegiatan posyandu lansia. (Dokumen desa.id Fhoto By. Dairoch)

Dilihat dari subtansinya kebutuhan akan kesehatan bagi manusia terutama masyarakat yang tinggal dirumah padat penduduk seharusnya lebih bisa terjaga, mengingat kepadatan penduduk dalam suatu daerah yang jumlahnya diatas rata – rata kebersihan merupakan faktor utama dalam upaya menjaga kesehatan. Selain kebersihan pribadi, rumah tangga, lingkungan masyarakat yang tak kalah pentingnya adalah kegiatan posyandu, dengan kegiatan posyandu setiap masyarakat akan mendapatkan pelayanan kesehatan secara rutin baik untuk balita, ibu hamil maupun kegiatan posyandu Lansia.

Sebagai upaya pelayanan masyarakat Pemerintah Kampung Bogatama dalam rangka mendukung dan mensukseskan program Gasibu bersama Bidan Desa sudah mengadakan kegiatan rutin, kegiatan ini dilaksanakan 3 kali dalam sebulan, mulai dari posyandu Balita, Posyandu Bumil dan Posyandu Lansia. Kegiatan posyandu ini dilakukan dalam rangka merealisasikan program Pemerintah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang dengan nama kegiatan Gerakan Kasih Sayang Ibu“GASIBU”

Pemberian Susu dan Makanan tambahan pada kegiatan Posyandu Lansia setiap tanggal 21 oleh Bidan Desa . (Dokumen desa.id Fhoto By. Dairoch)

Menurut Bidan Desa yang bertugas di Kampung Bogatama Gerakan Gasibu ini telah sukses dilaksanakan, hal ini tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Kampung dan jajaran Aparatur Kampung yang telah mendukung program Gasibu ini. Wujud telah dilaksanakannya program ini dapat dilihat dari setiap kegiatan posyandu dengan memberikan sayur mayur, lauk pauk dan makanan tambahan bagi balita kepada peserta posyandu dengan menganggarkan Dana Desa Bidang Kesehatan.

Kegiatan Pelayanan Kesehatan pada Posyandu Balita setiap tanggal 15. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Program Gerakan Kasih Sayang Ibu (GASIBU) yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang meliputi 8 Program pokok, yaitu :

  1. Kursus Calon Pengantin tentang Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana
  2. Penjaringan Ibu Hamil Resiko tinggi oleh Masyarakat
  3. Pendampingan Ibu Hamil, Bersalin, dan Nifas oleh Kelompok Kasih Ibu (KKI)
  4. Penguatan Kelas Ibu Hamil dan Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K)
  5. Penyuluhan KB Pasca Persalinan dan Pelayanan KB
  6. Pelaksanaan Pos Gizi Ibu Hamil
  7. Pengadaan Ayam Buras Induk bagi Ibu Hamil
  8. Pengadaan Kebun Sayur dan Kolam Kasih Ibu

Dari kedelapan Program Gasibu tersebut Dairoch selaku Petugas Kesehatan (Bidan Desa) merasa bangga mempunyai Kepala Kampung dan jajarannya yang sekarang, karena sudah well come dengan masalah kesehatan dikampung dengan Program Kesehatan, Paling tidak Pemerintah sudah turut serta mensukseskan Program GASIBU terutama pada poin 6, 7 dan 8.

(Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan