Peringatan hari pahlawan di smk kosgoro penawartama

Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional 10 November di SMK Kosgoro Penawartama.(Dokumen desa.id Fhoto By. Oki.M)

Bogatama.desa.id |10|11|2018 Setelah Soekarno dan Hatta memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, Indonesia belum sepenuhnya berdaulat dan bebas dari ancaman negara asing. Secara de fakto, Belanda masih menyimpan ambisi untuk menancapkan lagi kekuasaannya di Indonesia. Apalagi, kemenangan pihak Sekutu dalam Perang Dunia II semakin memantapkan niat Belanda terhadap Indonesia. Tentara Sekutu yang diboncengi NICA (Netherlands Indies Civil Administration) mulai diberangkatkan menuju ke Indonesia dengan tujuan Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan dan Pulau Jawa.

Namun kedatangan tentara Sekutu yang diboncengi Nica di Pulau Jawa terutama dikota Surabaya disambut dengan perlawanan oleh para Pemuda. Pemuda Kota Surabaya yang dipimpin oleh Bung Tomo, dengan semangat Merdeka atau Mati dapat mengalahkan tentara sekutu dengan tewasnya Jenderal Mallaby, sehingga tentara sekutu menarik kembali pasukannya dari pulau jawa.

Kalimat pidato Bung Tomo yang mampu memberikan semangat kepada para pemuda Surabaya itu antara lain isinya “Merdeka atau Mati” sambil mengumandangkan pekikan takbir “Allaahu Akbar”, sehingga menggugah semangat para pemuda yang dikenal dengan “Arek – Arek Suroboyo”. Pertempuran Surabaya menjadi perang terbesar dan terberat dalam sejarah revolusi nasional Indonesia, Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada 10 November diperingati untuk mengenang jasa mereka yang telah berjuang memperebutkan Kemerdekaan Indonesia.

Peserta Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional di SMK Kosgoro Penawartama memakai pakaian adat. (Dokumen desa.id Fhoto By. Oki.M)

Untuk mengenang jasa Para Pahlawan yang telah berhasil mengusir penjajah dan untuk membangkitkan semangat Nasionalisme dikalangan pelajar semua Lembaga Pendidikan dikecamatan Penawartama pada semua tingkatan mengadakan peringatan Hari Pahlawan, tak terkecuali dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kosgoro Penawartama. Peringatan Hari Pahlawan di SMK Kosgoro dengan menggelar Upacara Bendera dihalaman Sekolah yang diikuti oleh semua Guru dan Peserta didik. Usai melaksanakan Upacara Bendera mereka mengadakan karnaval atau Pawai Budaya mengelilingi jalan – jalan Kampung.

Kegiatan Karnaval yang digelar oleh peserta didik SMK Kosgoro juga di iringi musik Angklung yang menjadi ciri khas budaya Sunda yang saat ini sudah mendunia, sehingga acara karnaval berjalan sangat meriah dan dapat menarik perhatian publik yang kebetulan dilewati atau berpapasan dengan rombogan karnaval. Kegiatan ini tidak lain untuk membangkitkan semangat juang para siswa agar dapat meneladani semangat para pejuang Kemerdekaan yang telah rela berkorban darah dan nyawa demi mempertahankan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia

Para siswa SMK Kosgoro bersiap melaksanakan Karnaval dan pawai Budaya.(Dokumen desa.id Fhoto By. Oki.M)

Usai acara karnaval kegiatan Peringatan hari Pahlawan di SMK Kosgoro diisi dengan perlombaan yang diadakan di halaman sekolah sehingga semakin menambah meriah rangkaian acara yang digelar di SMK Kosgoro Penawartama. Menurut Nara Sumber Oki Maulana yang juga merupakan salah satu Guru di SMK Kosgoro rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan berjalan sukses, lancar dan diikuti dengan penuh semangat oleh semua siswa, sehingga dengan kegiatan ini para dewan guru SMK Kosgoro berharap semoga siswa SMK Kosgoro dapat lebih meningkatkan semangat belajar untuk meneruskan perjuangan para pendahulu bangsa.

(Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan