Menunjang perekonomian pemerintah kampung bogatama adakan perbaikan jalan

Alat berat (Exavator) sedang memperbaiki jalan area perkebunan yang berada di suku 5 dan berbatasan dengan Dusun Gajah Mungkur. (Dokumen desa.id Fhoto By. Iswanto)

Bogatama.desa.id |03|12|2018 Perekonomian dalam sebuah Negara merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dengan kemakmuran penduduknya, bahkan perekonomian merupakan tolak ukur Negara dianggap makmur atau tidak, kaya atau miskin dan lain sebagainya. Perekonomian yang menjadi tolak ukur tersebut tanpa didukung dengan sepenuh hati oleh semua lapisan masyarakat maka mustahil akan tercipta, dalam hal mendukung perekonomian dalam suatu negara tidak dapat dipisahkan antar pemerintah dan masyarakat, baik secara mandiri maupun subtansi.

Pemerintah Kerja Era Presiden Joko Widodo sendiri untuk masa 5 tahun ini selalu berupaya mendongkrak perekonomian, hal itu tertuang dalam Nawa Cita terutama perekonomian rakyat yang seimbang, sebagai upaya Pemerintah Kerja dalam hal menumbuhkan perekonomian Nasional termasuk dengan membangun sarana transportasi diberbagai daerah yang selama ini kurang mendapat perhatian, ini dilakukan dalam raangka menyamakan harga komoditas antara satu daerah dengan daerah lain, sebagaimana diketahui bahwa wilayah bagian timur Indonesia sangat berbanding terbalik dengan wilayah lainnya seperti Jawa dari segi harga komoditas apapun. Namun kini sudah merasa lega dengan adanya pembangunan Trans Papua, karena harga semakin seimbang dengan daerah lain.

Kondisi jalan saat ini hanya tinggal menjadi jalan setapak yang seharusnya lebar 6 Meter. (Dokumen desa.id Fhoto By. Iswanto)

Dari sudut pandang ini sarana yang paling mendukung untuk menumbuhkan perekonomian adalah sarana transportasi dan kwalitas jalan sebagai tolak ukur utama. Berangkat dari permasalahan ini pemerintah kampung Bogatama yang di komando oleh Adi Pramono sebagai Kepala Kampung selalu berupaya membangun dan memperbaiki sarana prasarana yang ada, baik jalan yang ada didalam kampung maupun jalan yang menjadi akses hasil perkebunan. Seperti kegiatan hari ini Pemerintah Kampung sedang mengerjakan perbaikan jalan yang menghubungkan antara Suku 5 (Air Merah) dengan jalan Dusun Gajah Mungkur yang memiliki panjang lebih kurang 2 KM.

Kepala Kampung Bogatama Adi Pramono saat memantau perbaikan jalan. (Dokumen desa.id Fhoto By. Iswanto)

Jalan yang sedang dilakukan perbaikan ini merupakan akses para petani yang selalu melintasi jalan ini untuk menuju ke perkebunan mereka. Awalnya jalan ini merupakan jalan utama bagi warga suku 5 jika ingin berkunjung kekampung Pulau Gadung, namun karena kurang mendapat perhatian sehingga jalan ini menjadi rusak dan sempit karena tanaman perkebunan warga. Dibangunnya kembali jalan ini diharapkan akses menuju dan dari Kampung Pulau Gadung kembali dapat dipergunakan bukan hanya kendaraan roda dua, namun juga dapat digunakan oleh kendaraan roda empat terutama untuk mengeluarkan hasil perkebunan sehingga dapat menjadi sarana masyarakat dalam meningkatkan perekonomian.

Proses perbaikan jalan oleh 1 unit Exavator di suku 5 (Air Meraah) (Dokumen desa.id Fhoto By. Iswanto)

Masyarakat suku 5 sendiri sangat berharap akses jalan ini segera diperbaiki, karena jalan ini sangat penting bagi masyarakat dalam menjalankan roda perekonomian. Mendengarkan keluhan masyarakat Pemerintah berupaya merealisasikan apa yang diminta oleh masyarakat dengan mendatangkan satu unit Exavator untuk memperbaiki jalan dan merobohkan beberapa pohon yang terlalu dekah dengan badan jalan. Dengan upaya ini Pemerintah berharap kepada warga suku 5 untuk lebih memperhatikan perawatan jalan, karena meskipun diperbaiki seperti apapun kalau masyarakat tidak merawat maka jalanpun akan rusak kembali.

Kang Mamat BGT

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan