Pembangunan gerbang makam telah terwujud

Pembangunan Gerbang Makam memasuki tahap pemasangan Tiang COR. (Dokumen desa.id Fhoto By. Iswanto)

Bogatama.desa.id |10|12|2018Pelaksanaan Program yang tertuang dalam APBKAM tahun 2018 pada bidang 2 (Pembangunan) yang bersumber dari Alokasi Dana Kampung (ADK) secara kontinyu sedang dilakukan, meskipun sampai dengan saat ini dana perimbangan daerah tersebut belum ada kejelasan kapan akan dicairkan oleh Pemda, namun mengingat saat sudah memasuki akhir tahun program yang telah tersusun dalam APBKAM Kampung Bogatama sudah dikerjakan. Pekerjaan pembangunan yang saat ini dilakukan oleh Pemerintah Kampung adalah pembangunan gerbang makam.

Pembangunan gerbang makam yang memiliki lebar 6 meter dengan ketinggian 5 sampai 6 meter itu saat ini telah selesai pemasangan pondasi dan memasuki tahap persiapan pengecoran tiang penyangga. Pembangunan gerbang makam ini bertujuan untuk memudahkan bagi peziarah dari luar daerah yang ingin berkunjung (ziarah) kemakam. Dengan dibangun gerbang makam diharapkan akan mempermudah bagi mereka yang ingin berziarah kemakam.

Proses pengecoran lantai podasi sebelum dipasang papan cor tiang penyangga. (Dokumen desa.id Fhoto By. Iswanto)

Pembangunan Gerbang makam yang bersumber dari dana perimbangan daerah yang sampai saat ini belum cair menjadi tantangan Pemerintah, karena Pemerintah harus mencari sumber dana yang lain untuk belanja barang maupun jasa. Ini dilakukan dalam rangka mewujudkan program yang telah dirancang dan merealisasikan anggaran yang telah dibahas dalam Musrembangkam. Pelaksanaan Pembangunan yang seharusnya menunggu dana ADK di cairkaan oleh Pemda ini dilakukan karena sampai dengan menjelang akhir tahun belum ada kepastian dari Pemerintah Daerah kapan dana itu dicairkan, hal ini yang menjadi keluhan Pemerintah Kampung di kabupaten Tulang Bawang.

Para tenaga kerja sedang mempersiapkan adonan untuk pengecoran. (Dokumen desa.id Fhoto By. Iswanto)

Sebagai bahan pertimbangan dalam pembangunan gerbang makam ini Pemerintah Kampung Bogatama berasumsi bahwa apabila tidak dikerjakan saat ini maka dikhawatirkan tidak terealisasi, karena sebentar lagi akan memasuki pergantian tahun dan harus merancang pembangunan yang lain. Meskipun dapat dikatakan serba berat namun sebagai wujud tanggung jawab Pemerintah terhadap masyarakat terkait Program pembangunan maka dengan segala keterbatasan kemampuan pembangunan gerbang makampun diklaksanakan.

Pemerintah Kampung Bogatama sangat berharap kiranya ADK yang telah tercantum dalam Pagu Anggaran 2018 untuk Kampung segera dapat direalisasikan. Karena tanpa dana perimbangan tersebut Pemerintah Kampung akan terbebani dengan pekerjaan yang telah dilaksanakan.

Kang Mamat BGT

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan