Pentingnya Membangun Silaturrahmi dan Komunikasi lintas sektor menuju Kampung Mandiri dan Berkarakter

Kunjungan kerja Babinsa ke Kantor Pelayanan Masyarakat Kampung Bogatama (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Bogatama.desa.id |10|12|2018 Amanat yang terkandung dalam lagu kebangsaan Indonesia Raya berupa “Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya” merupakan inti sari dalam membangun Bangsa dan Negara. Pembangunan bisa dikatakan berhasil tatkala kedua unsur itu terpenuhi, yaitu membangun jiwa dan membangun raga. Karena kedua unsur itu tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lain. Pembangunan dua unsur inilah yang senantiasa dan harus dipedomani setiap kita apabila menginginkan kemajuan dalam berbangsa dan bernegara.

Salah satu upaya dalam membangun yang berorientasikan pembangunan jiwa dan raga atau yang lebih kita kenal dengan pembangunan jasmani dan rohani adalah dengan senantiasa melibatkan semua unsur yang ada dalam daerah itu, baik itu tingkat lingkungan sampai tingkat Nasional. Jangan pernah berharap pembangunan jiwa dan raga akan menuai hasil manakala tidak melibatkan ahlinya dalam bidang pembangunan. Ibarat dalam sebuah pepatah “meletakkan sesuatu yang tidak pada tempatnya adalah (dzolim) buruk” atau dalam pepatah lain “memberikan sesuatu yang tidak pada ahlinya tunggu saat kehancuran”.

Kunjungan Kerja Bhabin Kamtibmas Polsek Penawartama Ke Kantor Pelayanan Masyarakat ampung Bogatama. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Dengan ibarat seperti tersebut diatas maka mejadi suatu kewajiban bagi kita dalam membangun sebuah perkumpulan atau Organisasi harus pandai memilih dan mempercayakan suatu pekerjaan sesuai dengan bidang keahliannya, terlebih dalam membangun sebuah Pemerintahan. Sebagai Upaya untuk menuju pembangunan seutuhnya Pemerintah Kampung Bogatama senantiasa menjalin Silaturrahmi dan Komunikasi antar lembaga Pemerintah dalam mencapai tujuan pembengunan Kampung menuju Kampung Mandiri dan Berkarakter.

Pembinaan Mental Spiritual untuk masyarakat agar memahami hak dan kewajiban dalam kehidupan (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Diakui atau tidak bahwa sebuah Wilayah masyarakatnya akan merasakan aman, nyaman, dan damai apabila keamanan diwilayah itu terwujud, baik keamanan secara lahiriyah maupun bathiniyah, keamanan segi lahiriyah seperti bebas dari tindak kriminal. Sedangkan segi bathiniyah masyarakat setempat senentiasa melaksanakan ajaran agama yang dianutnya secara baik. Demikian pentingnya pembangunan jiwa dan raga maka silaturrahmi, komunikasi kerja sama antar lembaga dan instansi menjadi pokok untuk menunjang pembangunan manusia seutuhnya.
Kang Mamat BGT

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan