Sosialisasi pemilu bagi penyandang disabilitas oleh kpu tulang bawang

Komisioner KPU Kabupaten Tulang Bawang Divisi Sosialisasi dan SDM Reza Trimaryanti, S.IP didampingi Zainudin, SH sedang memberikan materi kepada peserta. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Bogatama.desa.id |22|12|2018 Pemilihan Umum (pemilu) untuk memilih calon wakil rakyat yang akan duduk di legislatif dan eksekutif telah memasuki babak baru, Setelah KPU RI menetapkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 2 ( DPTHP 2) kini Lembaga Penyelenggara Pemilu (KPU) melanjutkan program kerjanya, diantara salah satu program kerja yang sedang dilaksanakan adalah Sosisalisasi kepada masyarakat secara langsung berkenaan dengan banyaknya golongan masyarakat yang kurang memahami pentingnya pemilu.

Sasaran kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh KPU adalah kepada masyarakt luas terutama kepada calon pemilih baru yang belum pernah merasakan dan belum memahami tatacara pemilihan, selain itu juga ditengah kalangan masyarakat kaum ibu, disabilitas (penyandang cacat), serta didaerah yang sulit terjangkau oleh informasi meskipun saat ini sudah memasuki era digital. Sebagai contoh kongkrit dari agenda yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Tulang Bawang, dari sekian kunjungan langsung kepada masyarakat, ternyata masih banyak masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih namun bersikap apatis (tidak mau tahu) terhadap pemilu.

Ketua PPK Kecamatan Penawartama Supriyanto sedang memberikan sambutan dan ucapan selamat datang kepada team sosialisasi. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

KPU Kabupaten Tulang Bawang terus berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat calon pemilih yang tersebar di 15 Kecamatan tentang pentingnya pemilu bagi kelangsungan berbangsa dan bernegara. Dari hasil beberapa kunjungan yang dilakukan oleh Team dari KPU yang membidangi Sosialisasi dan Sumber Daya Manusia Reza Tri Maryati, S.IP dan Zainudin, SH masih banyak masyarakat kita yang belu sepenuhnya memahami esensi pemilu. Hal ini dia sampaikan pada watu sosialisasi bagi pemilih disabilitas dikecamatan Penawartama beberapa waktu yang lalu.

Kegiatan Sosialisasi yang dilaksanakan oleh KPU dikecamatan Penawartama ditempatkan dirumah batik Shiha Ali Kampung Sidoharjo, dipilihnya tempat itu karena disana tenaga kerja yang membatik rata – rata penyandang disabilitas (Cacat tetap), dari sejumlah karyawan di rumah batik Shiha Ali terdapat 6 penyandang disabilitas seperti Tuna Daksa, Tuna Rungu, dan Tuna Wicara. Keiatan sosialisasi yang dihadiri oleh sejumlah Komisioner PPK, Ketua PPS, dan beberapa penyandang disabilitas tersebut di mulai jam 14.00 WIB dengan diawali sambutan oleh Ketua PPK Penawartama Supriyanto.

Sebagian PPS dan beberapa anggota yang hadir dalam acara sosialisasi pemilu kepada penyandang disabilitas di rumah batik Shiha Ali. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Dalam sambutannya Supriyanto selaku ketua PPK mengucapkan terimakasih kepad jajaran Komisioner KPU dan sejumlah PPS yang telah hadir memenuhi undangan dari PPK, meskipun hanya Ketua PPS dan beberapa anggota yang hadir namun kegiatan sosialisasi dapat berjalan lancar dan sukses, diakhir sambutannya Ketua PPK berharap kepada PPS agar bekerja secara maksimal dalam setiap tahapan pemilu sebagaimana yang telah dijadwalkan oleh KPU.

.

Lebih jauh lagi Komisioner KPU Kabupaten Tulang Bawang divisi Sodialisasi dan SDM Tri Maryati, S.IP menyampaikan bahwa penyandang disabilitas mempunyai hak yang sama dengan kita semua, terlebih kepada penyandang disabilitas harus diberi tempat istimewa ketika pelaksanaan pemilu berlangsung, kama kepada PPS agar dapat menyampaikan kepada KPPS agar ketika penyandang disabilitas hadir di TPS untuk melakukan pemilihan maka harus mendapatkan pelayanan yang maksimal dan istimewa, Jangan sampai disamakan dengan mereka yang mempunyai fisik normal. ini untuk memudahkan bagi penyandang disabilitas dalam menyuarakan hak pilihnya.

Fhoto bersama Komisioner KPU bidang Sosialisasi dan SDM, PPK Penawartanama, PPS Se-Kecamatan Penawartama, dan Penyandang disabilitas setelah acara sosialisasi. (Dokumen desa.id Fhoto By. Kang Mamat)

Setelah acara sosialisasi selesai sekitar pukul 16.00 WIB acara dilanjutkan dengan tanya jawab antara PPS dan Nara Sumber, dari beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh PPS telah dijawab dengan baik dan jelas oleh Komisioner KPU, dengan demikian maka diharapkan setelah acara sosialisasi ini semua PPS paham dan dapat bekerja lebih baik untuk mensukseskan Pemilu 2019 yang akan datang dengan baik dan membanggakan

Kang Mamat BGT

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan