Penilaian lomba kebersihan lingkungan dalam rangka hut kampung bogatama

Rombongan Team Penilai yang terdiri dari Aparatur Kampung dan Ketua RW sedang menilai lomba kebersihan lingkungan. (Dokumen desa.id Fhoto By. Iswanto)

Bogatama.desa.id |17|1|2019Tahun 2019 ini Kampung Bogatama telah memasuki usia yang ke 33 tahun. Kampung Bogatama terbentuk dari program Transmigrasi pada era orde baru yaitu translok tahun 1986 dengan penduduk awal berjumlah 500 Kepala Keluarga yang berasal dari Kecamatan Gunung Balak dan Kecamatan Wonosobo saat itu. sebagai kampung yang penduduknya berasal dari 2 daerah dan beragam adat dan suku menjadi tantangan tersendiri dalam membangun dan mengembangkan Pemerintahan.

Sejak berdiri menjadi sebuah Pemerintahan yang definitif Pemerintah Kampung selalu berusaha membangun dan mengembangkan segala potensi yang ada, baik secara mandiri maupun secara bekerjasama dengan lembaga atau instansi lain, sehingga memasuki usia yang ke 33 tahun 2019 Kampung Bogatama dapat dikatakan semakin matang dan mampu bersaing dengan kampung-kampung lain yang ada dikecamatan penawartama. Kini Kampung Bogatama yang memiliki Hari jadi tanggal 29 Januari sedang memperingati hari jadi (hari Ulang Tahun) Kampung.

Rombongan Team sedang melakukan Penialaian kategori yang telah ditetapkan oleh Panitia. (Dokumen desa.id Fhoto By. Iswanto)

Peringatan Hari Ulang Tahun Kampung yang ke 33 tahun 2019 telah dimulai dari tanggal 12 Januari 2019, berbagai macam jenis kegiatan telah disiapkan untuk memeriahkan HUT yang ke 33 ini. Panitia Pelaksana Ulang Tahun Kampung ke 33 telah bekerja keras mempersiapkan segala hal yang berkenaan dengan perayaan ini, saat ini panitia telah melaksanakan berbagai macam kegiatan diantaranya kompetisi sepak bola, bola volly putra dan putri, lomba anak santri, kesenian kuda lumping, lomba senam antar PKK sekecamatan, dan lomba kebersihan lingkungan.

Dari beberapa kegiatan yang direncanakan oleh panitia untuk saat ini tengah berlagsung Open Tournamen Sepak Bola antar Kampung yang diikuti oleh 20 Klub Sepak Bola dan telah dimulai sejak tanggal 12 dan direncanakan selesai tanggal 29 Januari mendatang, Sementara untuk Bola Volly Putra diikuti oleh 32 Team yang pelaksanaannya dilakukan pada malam hari dan tengah berlangsung dari mulai tanggal 12 Januari yang lalu. Adapun untuk Bola Volly Putri diikuti oleh 16 Team dan sudah dimulai sejak tanggal 14 Januari.

Team Penilai Lomba Kebersihan Lingkungan sedang berkeliling untuk memberikan penilaian. (Dokumen desa.id Fhoto By. Iswanto)

Adapun cabang kegiatan lain seperti lomba anak santri, lomba senam antar PKK sekecamatan, Kesenian Kuda Lumping mengikuti jadwal yang telah disusun oleh panitia. Sedangkan untuk lomba kebersihan lingkungan telah di laksanakan mulai tanggal 1 Januari sampai dengan tanggal 29 Januari 2019. Team Penilai lomba kebersihan lingkungan yang terdiri dari Aparatur Kampung dan Ketua RW telah berkeliling dimasing-masing lingkungan RT untuk memberikan penilaian dan menentukan pemenang yang berhak mendapatkan hadiah dari Pemerintah Kampung.

Menurut teknis unsur yang dinilai dalam lomba kebersihan lingkungan ini meliputi beberapa kategori dantaranya keseragaman patok mini, pemasangan umbul- umbul, kebersihan lingkungan fasilitas umum depan rumah dan kerapian tata ruang perumahan. Kategori yang ditentukan oleh panitia dan team penilai merupakan hasil penilaian yang dilakukan oleh semua team dan akan diambil 3 pemenang yang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dari Kepala Kampung.

Ketua Team Penilai Lomba Kebersihan Lingkungan bersama anggota sedang beristirahat sambil minum es untuk melepas dahaga. (Dokumen desa.id Fhoto By. Iswanto)

Kegiatan lomba kebersihan lingkungan ini diadakan dalam rangka menciptakan lingkungan Kampung Bogatama yang bersih dan indah sehingga citra kampung Bogatama menjadi Kampung yang mandiri dan berkarakter dapat terwujud dan bisa menjadikan masyarakat Kampung yang peduli dengan kebersihan untuk menuju hidup sehat baik diri, keluarga, dan lingkungan masyarakat.

(Kang Mamat/BGT)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan